Pengamat: Dunia Tidak Bersama Perang Ekonomi Trump Lawan Iran

Wisconsin, MINA –  Presiden Amerika Serikat (AS) tidak memiliki pengaruh politik untuk menggalang dunia mmendukungnya dalam “” terhadap , menurut pengamat Amerika Dr. Kevin Barrett.

“Ada berbagai alasan mengapa dunia tidak akan bersama dengan perang ekonomi habis-habisan Trump dengan Iran,” kata Barrett, seorang penulis dan peneliti peristiwa 11 September 2001 di Madison, Wisconsin, dalam sebuah wawancara hari Sabtu (25/8).

“Pemerintah  Trump berbicara besar dalam ancamannya terhadap Iran dengan cara yang sama seperti Trump ancamannya akan menghujani ‘api dan kemarahan’ kepada Korea Utara,” katanya, demikian Press TV melaporkan.

Trump menarik AS keluar dari perjanjian nuklir Iran pada bulan Mei lalu dan mengatakan bahwa dia berencana mengembalikan sanksi terhadap Iran. Namun, Washington menemukan dirinya terisolasi di saat penandatangan lain kesepakatan – China, Rusia, Perancis, Inggris dan Jerman -yang  telah menegaskan kembali komitmen mereka terhadap perjanjian dengan Iran yang bersejarah tersebut.

Negara-negara Eropa dan sekutu regional Iran telah meluncurkan upaya untuk mengurangi dampak sanksi baru AS terhadap Teheran menjelang batas waktu pelaksanaannya pada 4 November.

Trump bahkan menghadapi resistensi dari lembaga keuangan AS dalam memangkas akses Iran ke pasar internasional.

The Washington Free Beacon melaporkan pada hari Jumat (24/8), J.P. Morgan dan Citibank, yang duduk di dewan Society for the Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) yang memfasilitasi transaksi perbankan internasional, menentang untuk memutuskan hubungan Iran dari jaringan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.