Pengambilan Api Abadi Mrapen Tandai Pospenas IX Surakarta

Surakarta, MINA – Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antarpondok Pesantren Tingkat Nasional () ke-9 ditandai dengan pengambilan api pertama torch relay (pawai obor) dari Api Abadi Mrapen Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Siaran Pers menyebutkan, pengambilan api pertama Pospenas le-9 dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, didampingi Bupati Grobogan, Sri Sumarni.

Obor api ini secara estafet kemudian diserahkan kepada Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, sebelum dibawa para santri ke lokasi penyelenggaraan Pospenas.

Taj Yasin mengatakan, Api Abadi Mrapen merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia. Tidak terhitung berapa perhelatan penting di awali dari tempat ini.

“Semoga spirit Api Abadi Mrapen menjadi pelecut semangat bagi seluruh santri di Indonesia, terutama yang akan mengikuti perhelatan Pospenas IX untuk terus meningkatkan prestasi sekaligus cinta kepada negeri,” ujar Taj Yasin.

Waryono Abdul Ghofur menuturkan, setelah pengambilan api obor Pospenas IX, para santri pembawa obor bersama rombongan akan menuju Kota Surakarta. Mereka akan singgah terlebih dahulu di dua pesantren, yakni pesantren Girikesumo, Mranggen, Demak dan pesantren Al Mas’udiyah, Blater, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Pospenas ke-9 digelar di Surakarta, 23-27 November 2022, mengusung tema tema “Gerak Santri, Bangkit Negeri”, dengan pelaksana Kemenag berkolaborasi dengan Kemenko PMK, Kemenpora, Kemendikbud, Kemenparekraf, Kemenkominfo, Pemporv Jateng dan Pemkot Surakarta. (R/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.