Pengunjung “Made in Indonesia Expo 2018” di Jeddah Padati Stan Wonderful Indonesia

, MINA — Pemerintah Indonesia menggelar pameran tunggal produk asal tanah air bernama “Made in Indonesia 2018” di Jeddah, Arab Saudi sejak Rabu (28/11) hingga Rabu (5/12).

Sejak diresmikannya pameran tersebut, pengunjung memadati stan pariwisata “Wonderful Indonesia” yang terletak di pintu masuk area pameran.

Dengan tampilan stan yang cukup memikat, kolaborasi Kemenpar, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan jaringan perhotelan Accor Group yang menawarkan paket-paket menarik, terbukti berhasil menarik minat pengunjung untuk mendapatkan informasi seputar destinasi-destinasi menarik di Indonesia.

Kepala Bidang Pemasaran Area III (Arab Saudi) Sulaeman pada Kementerian Pariwisata menyatakan, Wonderful Indonesia hadir di pameran tunggal tersebut dengan menawarkan destinasi-destinasi yang tahun ini mulai bisa dijangkau dengan penerbangan Saudia Airline.

“Kami manfaatkan semaksimal mungkin penambahan rute baru maskapai Saudi agar bisa mendongkrak kunjungan wisatawan Saudi Arabia melalui Jeddah-Medan, dan Jeddah-Surabaya,” ujar Sulaeman sebagaimana keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (4/12).

Dia menambahkan, stan Wonderful Indonesia membuka layanan informasi destinasi pariwisata seperti danau Toba and beyond, Rancabali-Bandung, Coban Rondo-Malang, dan Uluwatu-Bali.

“Kami menawarkan paket wisata, tiket pesawat dari Garuda Indonesia dan layanan minum kopi serta makanan ringan, dimeriahkan dengan selingan atraksi rampak kendang yang kami datangkan dari Bandung,” imbuhnya.

Peserta pameran dari Accor Hotels menilai, para pengunjung sangat antusias untuk hadir dalam pameran. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran jumlah pengunjung yang hampir mencapai 4 ribu orang di malam ketiga pameran.

Mereka tertarik pada tawaran paket-paket destinasi wisata terutama daerah seperti Jakarta, Puncak, Bandung, dan Bali.

“Ada juga yang bertanya tentang destinasi baru seperti Malang dan Brastagi. Sampe habis suara saya Pak, jawab pertanyaan mereka,” ujar Dion Darmawan, Key Account Director dari Accor Hotels yang ditemui di sela-sela pameran.

Untuk mendukung pelayanan informasi bagi pengunjung, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah menerjunkan sejumlah staf di stan-stan sebagai tenaga penerjemah bagi pengunjung yang umumnya berbahasa Arab.

Melihat antusiasme warga setempat untuk mengunjungi pameran tunggal “ 2018” yang pertama digelar di Jeddah ini, Mohamad Hery Saripudin, Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, akan mengupayakan acara serupa dapat digelar pada tahun-tahun mendatang dengan konsep yang lebih tertata sehingga lebih tepat sasaran.

“Ini masih dalam tahap testing the water. Akan kami dorong kegiatan serupa digelar dengan kombinasi pavilion yang terdiri dari perdagangan, investasi, pariwisata, dan business matching dengan para stakeholders,” ujar Konjen saat melakukan evaluasi terhadap jalannya pameran.

Konjen Hery, lebih lanjut, menjelaskan bahwa KJRI Jeddah dalam sepekan memfasilitasi sejumlah agenda kegiatan promosi Indonesia, antara lain employment meeting, Malam Primaduta Award (penyerahan tropi dari Presiden RI kepada tiga pengusaha Arab Saudi sebagai penghargaan atas kesetiaan mereka mempertahankan nilai transaksi impor produk Indonesia yang tinggi).

Penampilan fashion show bertema “Inspiring Indonesia” dengan menghadirkan perancang busana muslimah kondang, Dian Pelangi, dan pameran tunggal pelukis Dirot Kadirah diagendakan berlangsung Rabu besok.(L/R01/R06)

 

Mi’raj News Agency (MINA)