PENJAGA PANTAI ITALIA SELAMATKAN 1.800 MIGRAN DI LAUT

Migran Afrika diselamatkan penjaga pantai Italia di Laut Mediterania pada 22 April 2015. (Foto: dok. ARA News)
Afrika diselamatkan di pada 22 April 2015. (Foto: dok. ARA News)

Roma, 18 Syawal 1436/3 Agustus 2015 (MINA) – Penjaga pantai Italia mengatakan, sekitar 1.800 migran diselamatkan dari tujuh kapal yang penuh sesak pada Sabtu (1/8), sementara lima mayat ditemukan di perahu karet besar yang membawa 212 orang.

Mayat ditemukan di perahu pada saat penyelamatan, juru bicara penjaga pantai mengatakan Ahad (2/8). Penyebab kematian belum diketahui, ARA News yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Laut Mediterania telah menjadi perairan paling mematikan di dunia bagi migran dan pengungsi, di mana 3.500 orang diperkirakan telah meninggal di laut itu tahun lalu dan hampir 2.000 tahun ini.

Para migran dan pengungsi banyak yang melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan di Timur Tengah dan Afrika.

Menurut Badan Pengungsi PBB, sekitar seperempat dari migran tahun ini berasal dari Eritrea, diikuti dari Nigeria, Somalia, Sudan dan Suriah.

Italia telah kedatangan sekitar 90.000 migan dari laut sejauh tahun ini, setelah menerima 170.000 jiwa pada 2014. Banyak migran baru terlihat bergerak cepat menuju Eropa Utara yang kaya.

Perjalanan malam dilakukan oleh kelompok-kelompok besar migran di Calais untuk memaksa pergi melalui terowongan rel yang menghubungkan Perancis dan Inggris, sehingga memicu kemarahan publik dan sangat mengganggu arus pengiriman barang antara kedua negara. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0