Pentas PAI Ajang Aktualisasi Islam Rahmatan lil ‘Alamin

Direktur Jenderal Pendidikan Islam saat memberikan laporan dalam pembukaan Pentas PAI ke-VIII (Foto: Humas Pendis/Atiq)

 

Banda Aceh, MINA – Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) merupakan ajang wadah pembinaan dan aktualisasi bagi para siswa sekolah untuk menerima, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam yang rahmatan lil ’alamin dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian disampaikan Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin saat memberikan laporan dalam pembukaan Pentas PAI ke-VIII di Banda Aceh, Senin (9/10) malam.

“Pentas PAI juga merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualiasasikan dan menumbuhkembangkan minat serta bakat peserta didik mulai jenjang SD hingga SMA/SMK. Juga dalam rangka membentuk sikap dan mental peserta didik dalam hal  sportivitas, kejujuran, dan ukuwwah Islamiyah antar siswa,” kata Kamaruddin.

Tidak kalah penting, menurut Kamaruddin dalam lama Kemenag yang dikutip MINA, Pentas PAI menjadi salah satu upaya Kemenag dalam menguatkan pemahaman dan ketaatan beragama Islam peserta didik, dengan tetap memelihara kesadaran kebhinekaan dalam bingkai NKRI.

Pentas PAI VIII diikuti  907  peserta didik dan 235 pendamping. Total ada 1.142 peserta, perwakilan provinsi seluruh Indonesia.

Kamaruddin mengapresiasi keterlibatan aktif Pemprov Aceh. Menurutnya,  Pentas PAI  VIII  menjadi  perhelatan nasional pertama yang mendapatkan dukungan moral dan finansial  luar biasa dari Pemerintah Daerah. 

“Selaku Dirjen Pendidikan Islam saya sampaikan ucapan terima kasih dan perhargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur Aceh atas dukungan dan perhatiannya terhadap pembinaan pendidikan agama Islam,” tutup Kamaruddin. (R/R09/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.