Perancis Jamin Bantuan Senjata Saudi Sampai ke Militer Lebanon

Militer Lebanon. (Foto: dok. The Iran Project)
Militer . (Foto: dok. The Iran Project)

Beirut, 21 Jumadil Awwal 1437/29 Februari 2016 (MINA) – menyatakan menjamin bantuan hibah senjata akan sampai kepada militer Lebanon dan tidak akan jatuh kepada kelompok bersenjata Hizbullah.

Harian Al-Joumhouria melaporkan pada Senin (29/2), Pemerintah Perancis bersikeras menghidupkan kembali bantuan hibah $ 3 miliar Arab Saudi kepada tentara Lebanon, meskipun Pemerintah Riyadh memutuskan memotong bantuan itu. Demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pekan lalu, Pemerintah Arab Saudi menegaskan bahwa pihaknya telah menghentikan semua ke Lebanon.

Telah ditawarkan bantuan senilai $ 4 miliar untuk melengkapi dan mendukung tentara dan pasukan keamanan Lebanon.

Salah satu penawaran dari Arab Saudi senilai $ 3 miliar dan Perancis menjadi penyedia senjata dan peralatan untuk tentara Lebanon.

Al-Joumhouria memberitakan, Paris telah memberi jaminan kepada Riyadh bahwa senjata tidak akan jatuh kepada Hizbullah.

Pada April tahun lalu, Lebanon menerima pengiriman pertama dari $ 3 milyar senjata Perancis untuk meningkatkan kemampuan pertahanan dalam memerangi ancaman teror, khususnya di sepanjang perbatasan timur laut.

Pemotongan bantuan Arab Saudi diikuti oleh himbauan Pemerintah Riyadh dan negara-negara Teluk lainnya kepada warga negaranya agar tidak melakukan perjalanan ke Lebanon untuk alasan keamanan dan memerintahkan orang-orang yang tinggal di sana untuk meninggalkan Lebanon.

Langkah ini memicu kekhawatiran terjadinya deportasi warga Lebanon yang berada di negara-negara Teluk.

Al-Joumhouria mengungkapkan, Amerika Serikat, Perancis dan Kanada telah melakukan kontak dengan Pemerintah Riyadh atas masalah itu, karena banyak warga Lebanon yang bekerja di negara-negara Teluk. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.