Perbatasan Dibuka, Sudan Selatan Ucap Terima Kasih Kepada Sudan

Mian Dawad Wall, Duta Besar Sudan Selatan untuk Sudan di Khartoum, Sudan. (Foto: Siddiq/MINA)
Mian Dawad Wall, Duta Besar untuk di Khartoum, Sudan. (Foto: dok. Sudares.com)

Khartoum, 19 Rabi’ul Akhir 1437/29 Januari 2016 (MINA) – Kedutaan Sudan Selatan di Khartoum mengucapkan terima kasih kepada Presiden Sudan Omar Al-Bashir setelah dibukanya antara kedua negara.

Atas perintah Presiden Sudan, untuk pertama kalianya perbatasan dibuka, setelah memburuknya hubungan kedua negara pasca referendum pada Juli 2011 yang berbuntut pemisahan Sudan Selatan sebagai negara merdeka.

Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Khartoum melaporkan, ucapan itu dikatakan langsung oleh pihak Kedutaan  Sudan Selatan kepada media pada Kamis (28/1) sore.

Kedutaan mengatakan, pentingnya normalisasi hubungan antar kedua negara  demi untuk membuka peluang ekonomi dan perdagangan komersial di berbagai bidang.

Kedutaan juga mengajak kepada seluruh elemen  organisasi  atau media untuk sama-sama memainkan peran serta stabiltas hubungan  yang baik antara kedua negara.

Sementara itu, keterangan resmi dari kantor Presiden Sudan dan Sudan Selatan mengatakan, pembukaan perbatasan merujuk pada pertemuan pada  27 Desember 2012 lalu.

Dalam pertemuan itu disepakati bersama agar kedua negara mendorong  kedewasaan serta  stabilitasi di berbagai bidang, termasuk situasi politik, keamanan, maupun ekonomi.

Keputusan  bersama itu juga sepenuhnya  akan menormalisasikan hubungan kedua kedua Negara dengan mengacu pada perbatasan pada 1956, serta menarik seluruh pasukan militer dari perbatasan dari jarak 5 mil.

Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan sebagai bagian dari kesepakatan damai pada  2005 yang mengakhiri perang saudara selama 25 tahun, yang merupakan perang terbesar di Afrika. Perang mengakibatkan 2 juta orang tewas, dan berakhir dengan perjanjian damai yang mencakup sebuah referendum kemerdekaan untuk selatan pada Juli 2011. (L/K06/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.