Peringatan Nuzulul Qur’an, Presiden Jokowi: Keberagaman Merupakan Anugerah dari Allah

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo () mengatakan, keberagaman merupakan anugerah dari Allah. Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk menjaga, merawat, dan mengelola keberagaman sebaik-baiknya.

Pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowi saat memberi sambutan pada Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kenegaraan bertajuk ‘Kerukunan dan Keberagaman Perpektif Al-Qur’an’ di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (19/4) malam.

“Keberagaman merupakan anugerah dari Allah yang harus terus kita jaga, kita rawat, dan kita kelola dengan baik agar terjadi perjumpaan, yaitu membangun kebersamaan dalam dialog-dialog yang sehat dengan semangat saling melengkapi, saling memperkaya satu dengan yang lain,” kata Presiden Jokowi melalui video telekonferensi.

Menurut Presiden Jokowi, menjaga, merawat, dan mengelola keberagaman bisa membentuk karakter masyarakat yang senang berlomba-lomba dalam kebaikan. Dia mengatakan, masyarakat harus saling menyadari bahwa masing-masing elemen bangsa yang beraneka ragam memiliki kelebihan sendiri.

Dia menambahkan, kebaikan-kebaikan yang muncul dari berbagai elemen bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, sejatinya perlu dikedepankan untuk kepentingan bersama.

“Saya mengajak semua untuk menjadikan peringatan Nuzulul Qur’an ini sebagai momentum untuk memperkuat kebersamaan dalam keberagaman yang sangat dibutuhkan dalam mewudujkan negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” tambahnya.

Hadir pada kegiatan itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Wakil Ketua Umum PBNU Kiai Zulfa Mustafa, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nassar, serta para tamu undangan lainnya. (L/R2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.