PERISTIWA PENTING DI ASIA SEPANJANG 2015 (KALEIDOSKOP)

Januari

15 Januari – Ketua Partai Nasional Rakhine (RNP), Aye Maung mengatakan, pihaknya berencana untuk memutuskan hubungan dengan semua pihak organisasi PBB kerena telah bias dalam melihat dan menangani negara bagian Rakhine.

19 Januari –  Tiga warga sipil provinsi Bihar, India timur, dibakar hingga meninggal oleh warga Hindu setelah  sebelumnya mereka  membakar puluhan rumah warga Muslim di daerah itu.

24 Januari – Anggota kelompok bersenjata Negara Islam atau ISIS di Suriah memposting sebuah video online yang mengklaim telah mengeksekusi sandera warga Jepang bernama Haruna Yukawa.

25 Januari – Ratusan ribu umat Islam turun ke jalan-jalan di seluruh Pakistan  memprotes karikatur Nabi Muhammad pada majalah satir Perancis, Charlie Hebdo, yang diterbitkan pada 14 Januari lalu.

 

Februari

1 Februari –  Ribuan wanita dari 140 negara ikut ambil bagian merayakan World Hijab Day (Hari Hijab Dunia/WHD) ke-3.

1 Februari – Sedikitnya 200 pemimpin muda seluruh dunia (International Youth Gethering) berkumpul di Malaysia membahas isu terorisme yang dikaitkan dengan Islam.

11 Februari – Para Imam Masjid di Xinjiang Cina dipaksa menari (joget) dan mengucapkan sumpah untuk menjauhkan anak-anak dari Islam dan melarang para pemuda mendekati masjid.

11 Febaruari – Komunitas muslimah Indonesia di  di Hongkong menolak perayaan Hari Valentine (Valentine’s Day) dengan melakukan acara gerakan berjilbab.

12 Februari -Ulama besar Malaysia yang pernah menjabat menteri Besar Kelantan beberapa priode  Datuk Nik Abdul Aziz Nik Mat wafat.

13 Februari – Partai-partai agama dan kelompok-kelompok mahasiswa di Pakistan, mengumumkan  tanggal 14 Februari akan dirayakannya sebagai Hari Kesopanan, tidak sebagai Hari Valentine karena Hari Valentine dinilai tidak sesuai dengan ajaran Islam.

25 Februari – Petugas Otoritas berusaha menarik kartu putih milik warga Muslim Rohingya untuk menghilangkan identitas mereka sebagai warga negara asli negara dengan penduduk mayoritas beragama Budha itu.

27 Februari – Mahkamah Konstitusi Korea Selatan  memutuskan, menghapus Undang-Undang Anti-Perzinaan di negaranya, yang telah berlaku sejak 62 tahun lamanya.

 

Maret

3 Maret – Korea Utara meluncurkan dua rudal balistik jenis Scud menuju laut antara Semenanjung Korea dan Jepang, tempat Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan memulai latihan militer tahunan bersama.

17 Maret – Melalui kelompok anak bangsa Aku Cinta Indonesia Kita (ACIKITA) Indonesia membangun masjid pertama di kota Kobe, Jepang.

17 Maret – Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Mush’ab di komplek KBRI Yangon, Myanmar, baru-baru ini di sela-sela kunjungan resmi persiapan Peringatan Konferensi Afrika di Bandung.

18 Maret – Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) di Myanmar, telah mengeluarkan lebih dari 20.000 pemegang kartu “kartu putih” (identitas sementara warga Myanmar) dari keanggotaan partai itu, yang sebagian besar adalah warga minoritas Rohingya beragama Islam.

23 Maret – Kantor Perdana Menteri Singapura mengumumkan perdana menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, meninggal dunia pada usia 91 tahun, Senin pagi (23/3).

24 Maret – Sebuah laporan dikeluarkan mengenai korban serangan pesawat tanpa awak (drone) Amerika Serikat di Pakistan selama dekade terakhir telah meenggut nyawa sekitar 2.200 orang.

29 Maret – Tujuh puluh delapan negara membuat komitmen terobosan untuk melawan ekstrimisme di belahan dunia seperti di Myanmar, Palestina, Suriah, Libya, dan negara konflik lainnya.

31 Maret – Seorang pria Muslim 38 tahun di Cina dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena berjenggot, sedangkan istrinya dijatuhi hukuman dua tahun karena memakai jilbab.

 

April

14 April – Pemerintah Tajikistan mengeluarkan keputusan mengejutkan dengan pemberlakuan larangan haji dan umrah bagi pemuda Muslim usia 35 tahun ke atas. Larangan itu untuk mencegah para pemuda dari mengembangkan ide-ide radikal dan bergabung dengan kelompok ekstremis seperti ISIS di luar negeri.

 

Mei

2 Mei – Polisi dan petugas penyelamat Thailand, diberitahu oleh warga desa, ditemukan kuburan massal etnis Rohingya Muslim di Thailand Selatan.

6 Mei – Lembaga kemanusiaan internasional Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung (WANADRI) berangkat ke Nepal untuk membantu korban gempa di daerah itu.

10 Mei – Ratusan imigran asal negara Myanmar dan Bangladesh terdampar di perairan wilayah Kabupaten Aceh Utara, Aceh. Mereka terdampar dikawasan Kecamatan Seunuddon dengan perahu motor dari negara asalnya.

12 Mei – Ketua Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) cabang Thailand Jeff Labovitz memperkirakan, sekitar 29.000 orang Muslim Rohingya dan Bangladesh melakukan perjalanan laut dengan perahu dari Bangladesh sejak awal tahun 2015.

22 Mei – Muslim India bagian utara Bihar menyumbang tanah untuk pembangunan candi Hindu terbesar di dunia, yang akan dibangun pada Juni mendatang Janki Nagar dekat Kesaria di distrik Timur Champaran, India, sebagai contoh kerukunan antar agama.

 

Juni

3 Juni – Jama’ah Muslimin (Hizbullah) sebagai wadah kesatuan umat Islam mengirim surat kepada Presiden Myanmar Thein Shein guna memprotes kondisi etnis Muslim Rohingya.

29 Juni – Thailand meluncurkan aplikasi smartphone khusus untuk menarik wisatawan Muslim, agar lebih meningkatkan industri yang mulai pulih sejak kudeta 2014 lalu.

29 Juni – Sekitar 220 orang warga Filipina pekerja asing di Arab Saudi memeluk Islam setelah merasa tertarik dengan ajaran Islam.

 

Juli

11 Juli – Sebuah organisasi amal di Madinah mengumumkan proyek baru untuk membangun perumahan bagi anak yatim sejumlah 195 unit perumahan dan selama periode tiga tahun akan memperbaiki 300 rumah dengan biaya sekitar 40 juta riyal atau sekitar 142,4 miliar rupiah dii bawah tanggung jawab sosial.

18 Juli – Azerbaijan akan mempersingkat waktu pengurusan visa bagi orang asing yang bepergian ke negara itu, terutama sekali untuk menghadapi “Islamic Solidarity Games” dua tahun yang akan datang dan karena terus meningkatnya kedatangan wisatawan ke negara pecahan Uni Sovyet di Eropa Timur itu.

27 Juli – Ketua Senat Kazakhstan Kassym-Zhomart Tokayev mengatakan bahwa negaranya secara resmi akan bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada hari Senin.

29 Juli – Pemakaman sahabat Nabi Muhammad SAW dan ratusan prajurit Saladin di Yerusalem, Palestina, terancam tergerus proyek pembangunan hotel, toko, dan perumahan Israel.

31 Juli – Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Islamic State atau ISIS dan orang-orang seperti itu bukan bagian dari agama Islam.

 

Agustus

1 Agustus – Taliban Afghanistan telah memilih Mullah Akhtar Mansoor sebagai pemimpin baru menggantikan Mullah Omar.

8 Agustus – Pemerintah Myanmar tidak memberi izin pada utusan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengunjungi negara bagian Rakhine yang dilanda banjir, sehingga kelompok HAM menduga pihak berwenang Myanmar mengabaikan Muslim Rohingya dalam perhatian pada k0rban banjir dahsyat yang telah merenggut puluhan nyawa pekan ini.

14 Agustus – Hujan deras melanda Myanmar dan sekitarnya dalam beberapa pekan terakhir sejak pertengahan Juli, mengakibatkan sekitar 12 dari 14 negara bagian dan wilayah negara itu, atau sekitar 85% kini terendam banjir.

19 Agustus  – Dewan fatwa Malaysia telah mengeluarkan fatwa baru yang melarang penggunaan rokok elektronik, atau Vape, sebagaimana haram bagi umat Islam.

25 Agustus – Sidang banding kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Walfrida Soik pada hari ini di Mahkamah Rayuan Putrajaya menguatkan keputusan Mahkamah Tinggi Kota Bharu yang memutuskan Walfrida tidak bersalah melakukan pembunuhan atas dasar tindakan yang dilakukannya dikarenakan gangguan kejiwaan.

28 Agustus – Lembaga medis kemanusiaan asal Indonesia Medical Emergency Rescue Committee (MER-C)  telah membebaskan sebuah lahan di Myanmar dengan tujuan misi kemanusiaan.

 

September

25 September – Pemerintah Singapura memutuskan untuk meliburkan sekolah dasar dan menengah pertama di seluruh Singapura di tengah meningkatnya kabut asap yang memasuki level “beracun”.

28 September – Lebih 100 kandidat Muslim Myanmar yang mendaftar untuk bersaing dalam pemilihan umum, dikeluarkan dari daftar calon, secara kontroversial oleh komisi pemilihan.

28 September –  Seorang pejabat tinggi haji Pakistan di Arab Saudi, Abu Ahmed Akif, Ahad (27/9)  mengkonfirmasi kematian 18 warga Pakistan dalam insiden desak-desakan selama pelemparan jumrah di Mina.

 

Oktober

3 Oktober –Beberapa serangan bom militer AS mengenai rumah sakit atau Pusat Trauma di Kunduz Afghanistan yang menewaskan tiga staf relawan Dokter Tanpa Batas (MSF).

22 Oktober 2015 (MINA) – Bantuan dana pendidikan sebesar AS $ 4,5 juta (Rp.61,1 miliar) yang diberikan kepada keluarga etnis muslim Uighur yang tinggal di Gilgit-Baltistan, Pakistan, dari pemerintah China tahun ini, dilaporkan hilang.

23 Oktober  – Jepang mengundang investor untuk menanamkan modal dalam bisnis hotel dan makanan halal, sehubungan meningkatnya permintaan konsumen dari dalam maupun dari luar negeri.

26 Oktober – Menurut badan pengungsi PBB, ada 200.000 hingga 500.000 Muslim Rohingya di Bangladesh dengan hanya 32.355 jiwa yang terdaftar. Para pengungsi Muslim Rohingya tinggal di Kamp Kutupalong dan Nayapara di Cox Bazar, Bangladesh.

30 Oktober  – Pemerintah Tiongkok pada Kamis (29/1) mengumumkan penghapusan kebijakan satu anak (one-child policy) yang telah diberlakukan selama lebih dari tiga dekade.

 

November

11 November  – AS, atas permintaan pemerintah Turki, mengirimkan enam jet tempur F-15 ke Incirlik untuk melakukan patroli di wilayah udara Turki, Pentagon mengungkapkan rencana AS mengerahkan tambahan F-15 ke Turki merupakan bagian dari operasi memberantas ISIS.

14 November  – Partai oposisi pimpinan Aung San Suu Kyi memenangkan mayoritas suara dalam pemilihan umum (pemilu) parlemen Myanmar, sekaligus menandai tumbangnya kekuasaan militer yang telah memerintah negara itu selama berdekade.

 

Desember

1 Desember  – NATO berencana mempertahankan sekitar 12.000 tentara di Afghanistan tahun depan. NATO saat ini memiliki sekitar 13.000 tentara di Afghanistan.

3 Desember – Iran menolak keras permintaan beberapa negara OPEC agar Teheran menunda keputusan meningkatkan produksi minyaknya setelah sanksi terhadap negara itu dihapus. Iran tidak bertanggung jawab atas kondisi mengerikan di pasar minyak dunia karena harga telah jatuh sekitar 60 persen dalam setahun. Dia menuding, justeru produsen anggota OPEC lainnya yang bertanggung jawab karena meningkatkan produksi minyaknya secara berlebihan.

22 Desember  – Malaysia luncurkan maskapai penerbangan syariah pertama. Rayani Air, melakukan penerbangan domestik perdananya pada akhir Desember 2015 ini dan perusahaan itu berharap akan membuka rute internasional tahun depan, kata seorang pejabat senior maskapai Selasa.(L/M02/P006/R04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.