PERISTIWA PENTING DI TIMUR TENGAH SEPANJANG 2015 (KALEIDOSKOP)

Januari

3 Januari – Lima anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ikut serta dalam ajang Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) atau Lomba Menghafal Al-Qur’an tingkat internasional khusus personel militer.

3 Januari – Israel kembali langgar kesepakatan dengan lebanon. Pesawat-pesawat tempur Israel jenis F-15 terbang sangat rendah di atas wilayah udara ibukota Lebanon, Beirut dan wilayah Lembah Bekaa selatan.

9 Januari – Sebuah lembaga pemantau konflik perang saudara di yang berbasis di London menyatakan, makam ulama bersejarah sejak abad ke-13, dihancurkan oleh kelompok bersenjata di Suriah Selatan.

21 Januari – Oposisi Houthi telah mengambil kontrol penuh istana presiden di ibukota Sanaa setelah bentrokan singkat dengan penjaga keamanan kompleks tersebut.

22 Januari – Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi dan oposisi Houthi telah mencapai kesepakatan, pejuang akan menarik diri dari wilayah yang menghadap ke istana presiden dan kediaman pribadi presiden di ibukota Sanaa.

23 Januari – Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi menyatakan, mengundurkan diri bersama kabinetnya setelah oposisi Houthi mengepung kantornya.

23 Januari – Raja Abdullah bin Abdul Aziz telah meninggal dunia akibat penyakit paru-paru yang sudah lama dideritanya.

23 Januari – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan secara resmi Pangeran Salman bin Abdul Aziz sebagai raja baru Arab Saudi menggantikan Abdullah bin Abdul Aziz, yang meninggal pada dini hari Jumat (23/1).

26 Januari – Pembina Utama Pondok Pesantren Al-Fatah Bogor KH Yakhsyallah Mansur saat melakukan ibadah umrah di tanah suci Makkah Al-Mukaramah menyerukan pentingnya mewujudkan kesatuan umat Islam.

27 Januari – Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan, Kedutaan Besar di Yaman telah ditutup untuk umum karena alasan keamanan di negara Arab miskin itu.

Februari

1 Februari – Sekitar 500 orang pekerja China di Arab Saudi, berpindah memeluk agama Islam, setelah “tersentuh” menyaksikan  kesederhanaan  pemakaman almarhum Raja Abdullah bin Abdul Aziz.

7 Februari – Kelompok militan Houthi Yaman mengumumkan mereka telah membubarkan parlemen dan menunjuk lima anggota Dewan Presiden yang akan membentuk pemerintahan transisi untuk memerintah selama dua tahun.

10 Februari – Presiden Abdul Fatah Al Sissi mengatakan, Kairo dan Moskow menyetujui rencana untuk

19 Februari – dan Amerika Serikat (AS) menandatangani kesepakatan untuk melatih dan melengkapi persenjataan pejuang oposisi Suriah.

Maret

12 Maret – Syaikh Prof. Harith Al-Dhari, Sekretaris Jenderal Asosiasi Ulama Muslim di Irak, meninggal dunia.

18 Maret – Hizbullah Lebanon dan Iran tidak lagi terdaftar sebagai ancaman teror bagi Amerika Serikat (AS), menurut laporan tahunan Intelijen Nasional AS yang dikirim ke Senat.

Mei

5 Mei – Turki menerbitkan Al-Qur’an terjemahan bahasa Kurdi

10 Mei – Kelompok oposisi bersenjata Yaman, Houthi, telah menyetujui usulan gencatan senjata dari koalisi pimpinan Arab Saudi.

14 Mei – Relawan kemanusiaan Indonesia membangun Pendidikan Tafidz Al-Quran di Suriah.

16 Mei – Pengadilan menjatuhkan hukuman mati bagi presiden terguling Muhammad dan lebih dari 100 terdakwa lainnya dengan tuduhan terlibat dalam kerusuhan penyerangan penjara tahun 2011.

28 Mei – Dana Arabiyat, mahasiswa Yordania (15) harus membuat proyek sains di sekolahnya. Dana begitu mengejutkan, inovatif, ia mampu menyajikan rincian proyek penelitiannya di Intel Internasional Science dan Engineering bulan ini.

Juni

16 Juni – Pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup  terhadap presiden terguling Muhammad Mursi, karena dinyatakan bersalah atas tuduhan mata-mata untuk kelompok Hamas Palestina, Hizbullah Lebanon, dan Iran.

19 Juni 2015 (MINA) – Situs resmi WikiLeaks menerbitkan lebih dari 70.000 dokumen diplomatik dari Arab Saudi dan berjanji untuk mempublikasikan 1,5 juta dokumen lainnya.

Juli 2015

3 Juli – Penjaga Dua Masjid Suci, Raja Arab Saudi Salman meresmikan tahap pertama Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz baru di Kota Madinah.

4 Juli – Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menambahkan Old City Sanaa dan Old Walled City Shibam ke daftar warisan dunia dalam bahaya.

11 Juli – Ratusan warga Irak di Baghdad memperingati Hari Al-Quds (Hari Yerusalem). DI hari yang sama, seluruh pendukung Palestina mengadakan unjuk rasa di seluruh dunia.

13 Juli – Malala Yousafzai, pemenang Nobel Perdamaian termuda, merayakan ulang tahunnya yang ke-18 di Lebanon pada dengan membuka sekolah bagi anak-anak perempuan pengungsi Suriah dan menyerukan pemimpin dunia untuk berinvestasi pada “Buku, bukan peluru.”

13 Juli – Pengadilan sipil dan militer negara Mesir rezim Al-Sisi mengeluarkan 92.420 keputusan penahanan terhadap warga Mesir selama tahun pertama pemerintahan Abdul Fatah Al-Sisi, termasuk 464 hukuman mati.

15 Juli – Maroko, Tunisia dan Mesir menandatangani deklarasi bersama untuk meningkatkan kerjasama di bidang penelitian ilmiah serta pendirian pendidikan tinggi umum dan penelitian ruang angkasa.

Agustus 2015

1 Agustus – Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengutuk keras kejahatan yang dilakukan oleh pemukim ilegal ekstrimis yahudi dengan menyerang dan membakar dua rumah di Nablus, utara Tepi Barat, yang mengarah pada terbakarnya seorang bayi Palestina, Ali Dawabsheh, dan melukai anggota keluarganya.

17 Agustus – Pada Ahad (16/8), Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengesahkan undang-undang anti-terorisme yang mengatur denda selangit.

9 Agustus – Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional WAAG (The World Association for al-Azhar Graduates) Mesir menggelar pelatihan bagi 38 mualaf dari Amerika, Meksiko, Kolombia, Brasil, Chili, Ekuador, Spanyol, dan Peru, mulai pada Ahad (2/8) hingga Kamis (27/8).

September 2015

6 September – Jaksa Mesir menuntut 35 pendukung Ikhwanul Muslimin ke kejaksaan militer, termasuk ulama terkemuka Syaikh Yusuf Al-Qaradhawi, atas tuduhan ikut terlibat dalam pembunuhan seorang perwira polisi Mesir.

16 September – Kerajaan Arab Saudi mengumumkan tidak akan memberikan proyek perluasan Masjidil Haram kepada perusahaan pengembang utama Saudi Binladin Group, menyusul musibah jatuhnya crane yang mengakibatkan korban 107 orang meninggal dan 230 lainnya luka-luka.

22 September – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terbang ke Moskow bertemu Presiden Rusian Vladimir Putin untuk mencegah kemungkinan terjadinya bentrokan antara pasukan militer Rusia dan Israel di Timur Tengah.

Oktober 2015

9 Oktober – Komisi Pemilihan Umum Mesir memutuskan Wanita yang mengenakan cadar (niqab) jenis yang dipakai minoritas wanita muslim di Mesir,  tidak akan diizinkan untuk memilih dalam pemilihan parlemen pada 18-19 Oktober mendatan

19 Oktober – Rakyat Mesir melaksanakan pemilu parlemen untuk pertama kalinya sejak penggulingan Presiden Muhammad Mursi pada pertengahan 2013.

November 2015

14 November – Sekitar 20 negara dan badan-badan internasional bertemu di Wina, Austria, mencoba mencapai kemajuan atas rencana perdamaian Suriah.

18 November – Sidang Mavi Marmara kembali digelar di Turki, mendengarkan kesaksian para korban Mavi Marmara, di pengadilan di Istanbul.

Desember 2015

12 Desember – Oposisi Houthi mengumumkan waktu gencatan senjata menjelang pembicaraan damai yang direncanakan di Swiss bersama pemerintah Yaman.

19 Desember – Menteri Luar Negeri dari seluruh negara Timur Tengah dan Eropa bertemu di New York City membahas upaya membawa pemerintah dan oposisi bersenjata Suriah ke meja perundingan.(L/P006/R04)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.