Perkemahan Nasional Rohani Islam Siswa SMA/SMK di Belitung

Tanjung Pandan, Belitung, MINA – Siswa SMA/SMK mendapat penguatan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama selama mengikuti Perkemahan Kerohanian Islam (Rohis) tingkat Nasional III di Tanjung Pandan, Belitung. tanggal 5-10/11.

“Agar wawasan kebangsaan dan moderasi beragama itu juga bisa disampaikan dengan baik kepada masyarakat dan teman sebaya, mereka juga dibekali pengembangkan diri public speaking dan organisasi. Hal ini diharapkan menjadi bekal peserta ketika turun lapangan,” ujar Herry Zakaria selaku penanggungjawab akademik perkemahan Rohis di Belitung, Rabu (07/11).

Menurutnya, ada delapan materi utama yang ditawarkan kepada peserta, yaitu: Public Speaking, Leadership, Manajemen Masjid Sekolah, Jurnalistik, Penulisan Karya Ilmiah, Penulisan Fiksi Ilmiah dan cerita Islami, Literasi Medsos, dan Kreativitas Islami melalui Kesenian.

Setiap materi diampu oleh profesional pada bidangnya. Materi  Public Speaking disampaikan oleh Ayip Fahmi, seorang analis dari sebuah konsultan strategi di Jakarta.

Fahmi mengatakan, masalah umum terkait public speaking di kalangan masyarakat dan siswa sekolah adalah ketidakpercayaan diri saat bicara di muka umum.

“Ini bisa karena rasa malu, gugup berbicara, takut dibully, dan lainnya. Sehubungan itu, saya memberi penguatan kepada para siswa terkait teknik meningkatkan kepercayaan dirinya saat berbicara di depan umum,” tuturnya.

Selain agar jago berbicara di depan umum secara efektif, peserta juga dilatih membuat pesan yang baik dan benar, berani mempresentasikan ide di depan kelas, serta berani menyampaikan gagasan diri dan selalu percaya diri.

Perkemahan Rohis Nasional  III untuk SMA/SMK yang berlangsung 5-10 November 2018 ini mengangkat tema “Membentuk Generasi Islam Milenial yang Literat dan Moderat”. Penguatan pengembangan diri dan organisasi ini atas diharapkan dapat membantu para siswa dalam menyampaikan gagasannya. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)