Pernyataan Pers Tahunan Menlu 2021: Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Foto: Kumparan

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyatakan, Indonesia akan terus memberikan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara dan parameter internasional yang telah disepakati.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Menteri Luar Negeri (PPTM) 2021 yang untuk pertama kalinya digelar secara virtual, Rabu (6/1).

“Dukungan terhadap bangsa Palestina untuk meraih kemerdekaannya akan terus dilanjutkan,” ujar Menlu.

Indonesia mengharapkan situasi kondusif akan tercipta mulai 2021.

“Diperlukan komitmen semua pihak agar dialog konstruktif, bahkan perundingan langsung dapat terjadi dengan terus memperhatikan hukum internasional, Resolusi Dewan Keamanan PBB terkait dan parameter internasional yang telah disepakati,” tambahnya.

Di penghujung 2020, santer terdengar berita seolah Indonesia akan segera membuka hubungan diplomatik dengan Israel. Namun hal itu dibantah oleh Menlu.

“Saya ingin sampaikan kembali bahwa hingga saat ini, tidak terdapat niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” tegasnya.

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 16 Desember 2020. (L/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: sajadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.