Pertama Kali, BBC Siarkan Shalat Jumat di Radio

London, MINA – Muslim di Inggris sekarang dapat mendengarkan yang disiarkan di radio untuk pertama kalinya.

Imam yang berbeda memimpin siaran 5:50 pagi setiap pekan di 14 stasiun radio lokal BBC, membaca ayat-ayat Al-Quran atau hadits-hadits Nabi Muhammad, sebelum menyampaikan khutbah dan memimpin pendengar dalam doa.

Pemirsa BBC dari komunitas Muslim banyak terdapat di bagian Inggris seperti Leeds, Sheffield, Lancashire, Manchester, West Midlands, Leicester, Stoke, Derby, Nottingham, Coventry dan Warwickshire, Three Counties, Merseyside, Berkshire dan London.

“Radio lokal adalah semua tentang menghubungkan komunitas, dan kami berharap refleksi pekanan ini akan membantu orang Muslim merasakan rasa komunitas saat mereka terisolasi,” kata Chris Burns, Kepala BBC Radio Lokal, demikian yang dikutip dari Arab News.

Tempat ibadah di seluruh Inggris telah ditutup sejak 23 Maret dalam salah satu langkah yang diperkenalkan untuk mengekang penyebaran virus corona. BBC sudah menyiarkan layanan Kristen pada hari Ahad di 39 stasiun lokal dan nasionalnya.

Siaran shalat Jumat yang dimulai Jumat lalu (3/4), akan berlanjut selama umat Islam tidak dapat menghadiri masjid lokal mereka.

BBC mengatakan, ada juga rencana untuk siaran reguler untuk minoritas agama lain, seperti komunitas Hindu dan Yahudi.

Dalam siaran TV kepada orang-orang Inggris pada hari Ahad, Ratu Elizabeth memuji orang-orang dari “semua agama” atas upaya gabungan mereka untuk mencegah penyebaran COVID-19. (T/RI-1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.