Pertama Kali, Pemerintah AS Bayar Tunai $400 Juta kepada Iran

Washington, 26 Dzulqa’dah 1437/29 Agustus 2016 (MINA) – Sebuah pembayaran tunai kontroversial sebesar $ 400 juta dilakukan pemerintah Presiden Barack Obama kepada yang menurut Departemen Sejarawan, itu belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah (AS) modern.

Ketika ditanya tentang pembayaran lain yang sejenis di masa sebelumnya, kantor negara Departemen Sejarawan AS tidak bisa memberikan satu contoh dari kas yang digunakan untuk menyelesaikan sengketa internasional, demikian Alaraby.co.uk memberitakan yang dikutip MINA.

Sebagai bagian dari kesepakatan, pesawat mendarat di Iran dengan palet penuh dengan mata uang Euro, Franc Swiss dan mata uang asing lainnya.

Terungkap pula, transaksi uang itu terjadi pada hari yang sama ketika lima tahanan AS yang ditahan di Iran dibebaskan pada bulan lalu.

Hal itu memunculkan spekulasi bahwa uang tersebut adalah pembayaran tebusan bagi warga Amerika tersebut, sesuatu yang sebelumnya Gedung Putih nyatakan telah menolak.

Washington bersikeras bahwa pembebasan tahanan antara lima orang Amerika dengan tujuh tawanan Iran dibebaskan, tidak terkait dengan pembayaran. Pemerintah mengatakan bahwa kesamaan hari adalah hal yang kebetulan.

Para pejabat AS mengungkapkan, itu adalah pengembalian uang tunai dari tahun 1970, perintah militer Iran yang tidak terpenuhi karena terjadi revolusi di Iran. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)