PERTAMA KALINYA PEREMPUAN SAUDI KERJA DI PENYEMBELIHAN HEWAN

para perempuan mengawasi penyembelihan hewan, membantu perempuan lain yang ingin menggunakan rumah jagal dan mendistribusikan daging bagi orang miskin dan yang membutuhkan. (Foto: Saudi Gazette)
Para perempuan mengawasi penyembelihan hewan, membantu perempuan lain yang ingin menggunakan rumah jagal dan mendistribusikan daging bagi orang miskin dan yang membutuhkan. (Foto: Saudi Gazette)

, 11 Dzulhijjah 1435 H/5 Oktober 2014 M (MINA) – Sebanyak 15 perempuan untuk pertama kalinya bertugas mengawasi penyembelihan domba, sapi dan unta di Al Moaissim Model Slaughterhouse, dekat Mina selama 1435 H.

Kepala perusahaan pengelola rumah jagal, Bandar Al-Suhairi mengatakan, para perempuan mengawasi penyembelihan hewan, membantu perempuan lain yang ingin menggunakan rumah jagal dan mendistribusikan daging bagi orang miskin dan yang membutuhkan.

“Ini adalah pekerja musiman, para perumpuan sedang ditugaskan untuk pertama kalinya di rumah jagal selama musim haji,” kata Bandar, seperti dilaporkan Saudi Zagette yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Ahad.

Ia juga mengatakan, karyawan perempuan ditugaskan pada bagian pengawasan dan kontrol serta mencegah perempuan lain memasuki tempat penyembelihan hewan. Sekitar 45.000 domba disembelih pada hari pertama .

“Sesuai dengan aturan syariat Islam, penyembelihan domba dimulai saat matahari terbit dan berlanjut sampai matahari terbenam,” katanya.

Al-Suhairi menambahkan, selama tiga hari ke depan sekitar 10.000 ekor domba akan disembelih setiap hari. sekitar 1.000 orang yang bekerja di rumah jagal yang terdiri dari tukang daging, pembersih dan pekerja lainnya.

“Ada sekitar 65 orang Saudi yang melakukan pengawasan dan pengendalian kerja. Mereka mengorganisir masuk ke rumah jagal,” ujar Al-Suhairi.

Ia juga menambahkan, terdapat 26 dokter hewan di rumah jagal yang memeriksa hewan sebelum dan sesudah penyembelihan untuk memastikan bahwa dalam kesehatan dan baik serta dagingnya dapat dikonsumsi orang.

Dia menuturkan, daging yang disembelih disimpan dalam lemari es yang besar, sampai nanti ketika dibagikan kepada orang miskin dan yang membutuhkan untuk mensejahterakan masyarakat.

“Ada lima rumah penyembelihan hewan di Moassim dengan kapasitas perhari dapat menyembelih 500.000 binatang,” katanya. (T/P010/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0