Pertempuran Sengit Terjadi di Gedung Pemerintah Kashmir

Srinagar, 10 Muharram 1437/11 Oktober 2016 (MINA) – Pertempuran sengit terjadi antara militan dan pasukan keamanan di kompleks gedung pemerintah India di negara bagian Jammu dan .

Polisi setempat mengatakan kepada kantor berita Associated Press pada Senin (10/10) bahwa tentara dan paramiliter mengepung kompleks setelah saling tembak terdengar di dekat kota Pampore, sekitar 10 km di luar Srinagar, ibukota negara bagian.

Seorang tentara India dilaporkan terluka dalam pertempuran awal.

Sumber mengatakan kepada Al Jazeera yang dikutip MINA, setidaknya ada dua pejuang bersembunyi di dalam Lembaga Pengembangan Kewirausahaan (EDI), dan penembakan intermiten bisa didengar di dalam gedung.

Sementara itu, puluhan warga berkumpul di jalan-jalan di dekat area itu sambil melantunkan slogan anti-India untuk menunjukkan solidaritas kepada para militan.

Seorang petugas mengatakan kepada kantor berita AP, pada Senin, tentara pemerintah meluncurkan apa yang para pejabat gambarkan sebagai “serangan terakhir” pada bangunan itu. Tentara menembakkan roket, penyembur api dan granat untuk “menetralkan militan”.

Asap mengepul dari gedung bertingkat itu saat bangunan terbakar dalam pertempuran yang semakin sengit.

Ini adalah bentrokan kedua yang terjadi di lokasi yang sama, setelah pada bulan Februari lalu bentrokan terjadi selama tiga hari yang menewaskan lima tentara, tiga militan dan seorang warga sipil.

Serangan itu terjadi di saat warga Kashmir melakukan protes terbesar melawan kekuasaan India dalam beberapa tahun terakhir, dipicu oleh pembunuhan 8 Juli terhadap seorang pejuang muda Kashmir oleh tentara India. (T/P001/R02)

  • Mi’raj Islamic News Agency (MINA)