Pertemuan ASEAN SOM Bahas Penguatan Efektivitas Kelembagaan

Pertemuan ASEAN SOM Bahas Penguatan Efektifitas Kelembagaan (foto: Kemlu RI)

Jakartaa, MINA – Penguatan efektivitas kelembagaan ASEAN dalam hal pengambilan keputusan menjadi pokok bahasan pada pertemuan pertama ASEAN SOM Working Group on Decision Making Process (SOM WG on DMP) yang berlangsung di Jakarta pada 21-22 Maret 2023.

Seperti dikutip dari laman Kemlu RI, Jumat (25/3), pertemuan dipimpin oleh Rolliansyah Soemirat, Direktur Kerja Sama Politik dan Keamanan ASEAN selaku Chair dan diikuti oleh kesepuluh negara anggota ASEAN serta Sekretariat ASEAN.

SOM WG on DMP sendiri mengampu mandat tindak lanjut dari hasil KTT ASEAN ke-41 dan 42 yang merekomendasikan penguatan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN dalam kerangka visi Komunitas ASEAN Pasca-2025.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama dua hari ini, delegasi ASEAN berbagi pandangan mengenai opsi-opsi prosedur pengambilan keputusan yang efektif dan efisien di ASEAN khususnya pada situasi-situasi tertentu dan mendesak.

Pengalaman pandemi Covid-19 menjadi pengingat kemampuan ASEAN dalam merespon secara cepat dan tanggap situasi khusus dan darurat.

Mengantisipasi dinamika di masa mendatang, ASEAN menyadari efektifitas institusi dan proses kerja termasuk dalam hal pengambilan keputusan menjadi elemen penting untuk terus dikembangkan dengan tetap bertumpu pada ASEAN Charter.

Setelah menghimpun elemen-elemen kunci dan rencana kerja pada pertemuan pertama ini, SOM WG on DMP di bawah keketuaan Indonesia selanjutnya akan terus bekerja intensif sepanjang beberapa bulan ke depan untuk mencoba memformulasikan berbagai bentuk pedoman pengambilan keputusan yang dapat digunakan oleh ASEAN dalam situasi-situasi tertentu. (R/RE1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.