Pesan Anies dalam Tanggulangi Bencana Banjir Jakarta

Jakarta, MINA – Gubernur DKI Jakarta berpesan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI untuk turun tangan langsung mendatangi kantor kelurahan, bekerja di bawah koordinasi para lurah, dalam membantu menyelamatkan warga terdampak .

“Hujan curahnya tidak bisa kita kendalikan, tetapi dampakanya bisa kita kendalikan. InsyaAllah kita diberikan kemudahan, sehingga bisa menanggulagi masalah banjir ini dengan sesegera mungkin,” kata Anies dalam keterangannya saat meninjau kawasan Pintu Air Manggarai, Jakarta, Rabu (1/1).

Anies mengatakan, hujan yang berlangsung sejak Selasa kemarin, agar segera menyiapkan evakuasi warga terdampak, tempat pengungsian, seluruh kantor pemerintahan dan sekolah harus siap menjadi tempat pengungsian juga siapkan dapur umum, pos kesehatan, dan semua tenaga kesehatan.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan agar segera menyiapkan obat-obatan, makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum dan semua kebutuhan dasar lainnya. Dan pastikan warga ditempat tinggal dalam keadaan aman.

Anies juga menghimbau kepada para wali kota untuk melakukan koordinasi antar bagian di wilayahnya dengan baik.

“Pastikan warga terbebas dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan semacamnya. Pastikan kelancaran lalu lintas, mobilitas warga di jalanan tidak terganggu. Amankan semua transportasi publik, bila ada rute kendaraan umum yang terganggu banjir segera siapkan rute alternatif,” paparnya.

Ia berpesan, kepada para walikota, camat, juga lurah pastikan warga setempat mendaptakan update informasi yang valid terus menurus.

“Kepada bapak ibu semua, laksanakan pesan ini dengan baik, jagalah kesehatan, keselamatan dan keamanan bapak ibu supaya bisa bekerja memastikan warga terselamatkan,” ujar Anies.

“Hujan curahnya tidak bisa kita kendalikan, tetapi dampakanya bisa kita kendalikan. InsyaAllah kita diberikan kemudahan, sehingga bisa menanggulagi masalah banjir ini dengan sesegera mungkin,” katanya lagi.

“Camkan pesan ini, segera laksanakan, semoga Allah SWT selalu mengiringi dan memudahkan dalam menjankan tugas yang mulia ini,” demikian Anies Baswedan. (L/hju/R2)

Mi’raj News Agency (MINA

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.