PESAWAT TEMPUR RUSIA SERANG MASJID DI ALEPPO, 5 ORANG MENINGGAL

(Foto: Worldbulletin)
(Foto: Worldbulletin)

, 15 Rabiul Awwal 1437/26 Desember 2015 (MINA) – Lima orang tewas dan 10 lainnya luka-luka setelah pesawat tempur menargetkan masjid saat shalat Jumat di Aleppo, Suriah sumber Pertahanan Sipil Aleppo mengatakan.

Sumber tersebut mengatakan, Masjid Batul di distrik Zebdiya yang dikuasai oposis rusak parah dalam serangan itu, demikian Worldbulletin dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara itu, Anadolu Agency (AA) melaporkan, serangan udara Rusia menargetkan beberapa wilayah antara lain Aleppo, Bustan Al-Qasr, Karm Turab dan Distrik Bab Kansirin.

Pada hari yang sama, pesawat tempur Rusia juga menargetkan dua rumah sakit di distrik Azaz di Aleppo, menewaskan sedikitnya tujuh orang, termasuk tiga anak-anak, sumber lokal melaporkan.

Dalam pekan ini saja, serangan udara Rusia sedikitnya telah menewaskan lebih dari 250 warga sipil di seluruh Suriah.

Di sisi lain, menurut laporan Amnesty International, serangan udara Rusia di Suriah telah menewaskan ratusan warga sipil Suriah selama tiga bulan terakhir. Laporan ini menunjukkan, militer Rusia menggunakan bomnya di daerah padat penduduk sipil.

Lebih lanjut, Amnesty International mengatakan, serangan udara Rusia juga menyebabkan kerusakan besar di daerah pemukiman, masjid, pasar dan fasilitas medis. Menurut lembaga ini, apa yang dilakukan Rusia telah melanggar hukum kemanusiaan internasional.

Rusia mulai melancarkan operasi udara di Suriah sejak 30 September lalu dengan tujuan mendukung rezim Suriah Bashar Al-Assad.

Di lain pihak, Moscow menegaskan, serangan udara itu sejatinya menargetkan kelompok militan . Namun, beberapa anggota aliansi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) percaya, Rusia menargetkan kelompok yang menentang Assad, termasuk beberapa pihak yang mendukung AS dan Turki.

Setidaknya 250 ribu orang tewas sejak konflik Suriah dimulai pada 2011 lalu, menurut angka PBB. (T/P011/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.