Petugas Penjara Kansas Lecehkan Seorang Muslimah

Washington, MINA – Seorang wanita Muslim telah menghadapi diskriminasi agama dan pelecehan oleh pihak berwenang di penjara yang dikelola secara pribadi di Kansas, Advokat Muslim melaporkan Rabu (13/9).

Advokat Muslim yang berbasis di Washington DC mengatakan, Valeriece Ealom telah mengeluh bahwa penjaga penjara di Pusat Penahanan Leavenworth telah berulang kali mengkritiknya karena mengenakan jilbab dan memintanya untuk melepas jilbab dari kepalanya. Mereka juga mengancam akan mendisiplinkan Ealom jika dia tidak melepaskannya.

Kelompok itu mengatakan, mereka mengambil kasus karena menyoroti masalah umum di penjara di mana wanita Muslim didiskriminasikan karena mengenakan jilbab.

“Advokat Muslim percaya bahwa penting melindungi hak-hak perempuan Muslim untuk menjalankan perintah agama sesuai dengan keyakinan mereka saat dipenjara,” kata Scott Simpson, Direktur Advokasi Publiknya, kepada Anadolu Agency yang dikutip MINA.

Ealom, yang dihukum karena tuduhan narkoba, telah ditahan di penjara yang dioperasikan oleh perusahaan berbasis di Tennessee CoreCivic, sejak November setelah pembebasan bersyaratnya dicabut. Tidak jelas kapan dia akan dijadwalkan untuk dibebaskan.

Advokat Muslim mengirim surat pada Rabu (12/9) ke CoreCivic, Marsekal AS Ronald Miller dan Departemen Kehakiman Inspektur Jenderal Michael Horowitz terkait bagaimana Ealom diperlakukan.

“Layanan Marshalls AS harus memastikan personel di semua fasilitas CoreCivic dilatih dan dididik secara tepat berkaitan dengan jilbab, akomodasi keagamaan, dan prosedur pengaduan fasilitas,” kata Advokat Muslim dalam surat tersebut.

Setelah Ealom mengajukan keluhan kepada manajemen, penjaga penjara membalas dengan beberapa cara, termasuk jilbabnya disita, menurut Advokat Muslim.

Ealom tidak bisa menutupi rambutnya selama empat pekan, sesuatu yang dilarang dengan keyakinan dan kewajiban agamanya.

Dengan pengiriman surat itu, dia ingin penjara memahami apa pelibatan kepala agama dan memastikan bahwa narapidana wanita Muslim tidak menghadapi perlakuan semacam ini lagi, menurut Muslim Advokat.

“Ealom ingin selalu dapat mengenakan jilbabnya tanpa dilecehkan atau dituntut oleh karyawan penjara. Seperti yang dikatakan oleh Advokat Muslim dalam surat itu, dia ingin staf penjara dididik tentang menghormati kewajiban agamanya untuk memastikan bahwa baik dia maupun wanita Muslim lainnya yang ditahan tidak mengalami diskriminasi semacam ini lagi,” tambah Simpson.

CoreCivic telah mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir untuk masalah besar yang dihadapi, termasuk kekurangan dan keamanan.

Departemen Kehakiman melakukan audit Pusat Penahanan Leavenworth pada bulan April dan menemukan penjara pribadi telah gagal untuk menangani masalah kepegawaian ini dan menyebabkan beberapa celah keamanan di dalam penjara.

Advokat Muslim saat ini tidak memiliki rencana untuk mengajukan gugatan dan berharap masalah ini akan diselesaikan tanpa litigasi. (T/ais/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)