PGI: Tak Ada Agama yang Ajarkan Teror

Jakarta, MINA – Persekutuan Gereja-Gereja di lndonesia ()  mengomentari serangan bom di sejumlah gereja di Surabaya pada Ahad (13/5) pagi. PGI menegaskan tak ada yang mengajarkan aksi teror.

“Sesungguhnya tidak ada agama yang mengajarkan kekerasan dan pembunuhan. Agama apa pun mengajarkan kemanusiaan, damai dan cinta kasih. Kesesatan berpikirlah yang membawa penganut agama melakukan kekerasan dan tindak ,” ujar Sekretaris Umum PGI Gomar Gultom di gedung Oikoumene PGI, Jakarta Pusat, Ahad (13/5).

Menurutnya, tindak kekerasan dengan alasan apa pun, tidak akan pernah mampu menyelesaikan masalah. Kekerasan hanya akan melahirkan lingkaran kebencian dan pada akhirnya menuju kehancuran.

“Oleh karena itu para pemimpin agama perlu lebih serius mewaspadai munculnya para pendukung kekerasan dan tindak terorisme ini dengan berbalutkan penginjil atau pendakwah lewat khotbah-khotbah maupun pernyataannya,” katanya.

Gomar menegaskan, program deradikalisasi BNPT akan sia-sia jika masyarakat justru memberi panggung kepada para pemimpin agama yang menyebarkan paham radikalisme dan kekerasan lewat misi dan dakwah-dakwahnya.

“Olehnya, kami menghimbau para pemimpin agama dan masyarakat untuk tidak memberi angin dan simpati kepada pelaku kekerasan dan terorisme, apa pun motifnya,” katanya lagi.

Ia juga menghimbau masyarakat menghentikan penyebaran foto dan video, karena ini justru tujuan teroris, yakni menebarkan rasa takut di tengah masyarakat. Ia justru menghimbau masyarakat untuk menebarkan kasih dan rasa damai melalui ragam media.

“Kami menghimbau seluruh elit politik dan masyarakat untuk menghentikan komentar yang justru memperkeruh keadaan. Janganlah menggunakan peristiwa kekerasan dan tindak terorisme ini untuk menangguk kepentingan politik dan sesaat, karena harga yang sedang dipertaruhkan adalah masa depan bangsa,” katanya.

Gomar mengajak masyarakat tak perlu takut menghadapi ancaman terorisme ini tetapi menyerahkan sepenuhnya kepada penanganan oleh negara. Ia mendukung sepenuhnya tindakan negara dalam memberantas semua perilaku kekerasan dan aksi-aksi terorisme di Indonesia. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0