Piala Asia 2019: Arab Saudi Taklukan Korut 4-0

Abu Dhabi, MINA – Timnas Arab Saudi berhasil menaklukan Timnas Korea Utara (Korut) dengan skor meyakinkan 4-0, dalam pertandingan pertama di babak pengisihan Grup E Piala Asia 2019 di Stadion Rashid, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Rabu dinihari (9/1).

Pada menit-menit awal, kedua tim bermain seimbang dalam penguasaan bola, tetapi ketika pertandingan berlanjut, Green Falcons (Julukan Arab Saudi) mulai mendominasi jalannya pertandingan.

Saudi memperoleh peluang pertama mereka pada menit ke-13 melalui serangan kaki kiri Abdulaziz Al Bishi namun meleset dari sasaran.

Pada menit ke-28 pemain Arab Saudi, Hatan Bahbri menggiring bola melewati Ri Il-jin dari Korea Utara dan berhasi memecah kebuntuhan dalam pertandingan itu, demikian keterangan pers AFC yang dikutip MINA.

Pelatih Arab Saudi Juan Antonio Pizzi  mulai percaya diri setelah pemainnya berhasil menggandakan keunggulan lewat kaki Mohammed Al-Fatil pada menit ke-37 dengan gol yang luar biasa. Tendangan bebas Hussain Almoqahwi dari luar kotak masuk ke kotak dan Mohammed Al Fatil mengalihkannya ke gawang dengan tumit belakang.

Menjelang menit-menit terakhir pada babak pertama pemain Korut Han Kwang  harus keluar dari lapangan, karena menerima kartu kuning kedua karena menjegal Almoqahw.

Meskipun main dengan10 orang, tim Kim Yong-jun tidak menyerah dan nyaris pada menit ke-64 melalui kapten Jong Il-gwan hampir mencetak gol.

Pertahanan Korut mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan, dan Green Falcons memanfaatkannya di menit ke-70, ketika Salem Aldawsari mendapat kesempatan dalam kotak pinalti dan berhasil menjebolkan gawang Korut serta menambah skor menjadi 3-0. Dan Fahad Al Muwallad menambah keunggulan Arab Saudi menjadi 4-0 pada menit ke-87.

Arab Saudi selanjutnya akan bertemu Lebanon di Stadion Al Maktoum di Dubai pada Sabtu (12/1). Sementara Korea Utara akan menghadapi Qatar di Stadion Khalifa bin Zayed pada Ahad (13/1) mendatang.(T/Haf/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)