Piala Asia 2019: Iran Menang Telak atas Yaman 5-0

Abu Dhabi, MINA – Iran tampil gemilang dengan mampu menaklukan Yaman dengan skor 5-0 dalam pertandingan pertama di babak penyisihan Grup D Piala Asia 2019 di Stadion Mohammad bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Selasa dinihari (8/1).

Dengan hasil tersebut, Iran memuncaki klasemen grup dengan meraih tiga poin, sedangkan Yaman berada di posisi juru kunci dengan nol poin, sementara masih menunggu hasil pertandingan Grup D lainnya antara Irak VS Vietnam, Selasa ini. Demikian AFC asian Cup melaporkan yang dikutip MINA pada Selasa (8/1).

Iran memulai pesta gol di menit ke-12 lewat Mehdi Taremi. Gol ini bermula dari tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh Sardar Azmoun. Tendangan Azmoun tidak bisa dikuasai dengan baik oleh kiper Yaman, Saoud Al Sowadi. Bola liar disambut oleh Taremi yang dengan mudah menceploskan bola masuk ke dalam gawang.

Sebelas menit berselang, Iran menggandakan keunggulan menjadi 2-0 setelah Al Sowadi mencetak gol bunuh diri. Gol ini bermula dari tendangan bebas Ashkan Dejagah. Bola membentur tiang dan kemudian membentur punggung Al Sowadi yang membuat bola masuk ke gawang.

Babak pertama sendiri berakhir dengan skor 3-0 setelah Taremi mencetak gol kedua di menit ke-25. Taremi menuntaskan umpan silang Ramin Rezaeian dengan sundulan kepala ke arah tiang jauh.

Setelah unggul tiga gol di babak pertama, Iran ternyata tidak menurunkan tekanan di babak kedua. Iran memperbesar keunggulan menjadi 4-0 di menit ke-53 lewat gol dari Azmoun. Azmoun melepaskan tendangan dari jarak dekat setelah tercipta kemelut di muka gawang Yaman. Meski bola berhasil dibuang oleh bek Yaman, namun wasit menyatakan gol lantaran bola sudah lebih dulu melewati garis gawang.

Iran terus memberikan tekanan pada Yaman. Setelah beberapa kali gagal, Iran akhirnya mampu mencetak gol kelima di menit ke-78. Gol kelima Iran dicetak oleh Saman Ghoddos. Ghoddos melepaskan tendangan keras setelah mendapat bola liar. Skor 5-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Iran merupakan juara Piala Asia AFC Cup tiga kali dan mencapai perempat final di Piala Asia sebelumnya di Australia.

Pada pertandingan selanjutnya, Iran membawa bekal percaya diri untuk tampil meraih kemenangan saat menghadapi Vietnam di Stadion Al Nahyan, Abu Dhabi, pada Sabtunanti. Sedangkan Yaman akan bertanding melawan Irak di Sharjah pada hari yang sama.

Piala Asia 2019 digelar pada 5 Januari-1 Februari 2019. Pertandingan dimainkan di delapan stadion di empat kota penyelenggara di Uni Emirat Arab.(T/Gun/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)