PIALA DUNIA DI BRASIL : 250.000 AL QURAN DIBAGIKAN GRATIS

ALQURAN

ALQURANKuwait City, 24 Rajab 1435/23 Mei 2014 (MINA) – Kementerian Wakaf Kuwait mengatakan, is akan mendistribusikan secara gratis sebanyak 250.000 eksemplar Al-Qur’an dengan terjemahan dalam empat bahasa, selama berlangsungnya kejuaraan sepakbola Piala Dunia (World Cup) 2014 pada musim panas Juni-Juli mendatang di ..

Dewan Quran Kuwait, yang dikenal sebagai al-Qabas, akan mendistribusikan Quran dengan terjemahan masing-masing dalam Bahasa Spanyol, Portugis, Inggris dan Perancis di hotel-hotel,  stadion dan berbagai tempat umum lainnya, Wordbulletin yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, Jumat (23/5).

Piala Dunia yang akan dimulai pada 12 Juni dan akan berlangsung sampai 13 Juli ini di Brazil akan menjadi tuan rumah bagi para penggemar dari 32 tim sepak bola internasional, termasuk enam negara yang sebagian besar penduduknya beragama Muslim, yakni: Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Nigeria, Iran dan Bosnia-Herzegovina.

Sebuah buku panduan khusus bagi pengunjung Muslim yang disebut “Salaam Brazil” juga telah dicetak untuk membantu mereka mengetahui restoran halal dan kegiatan di negara Amerika Latin.

Asosiasi Serikat Islam Brasil bekerja sama dengan Kedutaan Besar Oman di Amerika Selatan telah membuat booklet 32 halaman itu yang berisikan panduan untuk turis Muslim. Dalam booklet “Salam Barazil” itu, dicantumkan alamat Islamic Center, masjid, restoran halal, dan pusat hiburan yang tidak melanggar syariah Islam.

Menurut kepala asosiasi tersebut, Hussein Al-Zuqbi, booklet itu juga mencantumkan sekilas soal sejarah Islam di Brasil dan kebudayaan Muslim di negara itu. Booklet ini diberikan di maskapai negara-negara Islam dan Arab kepada penumpang Muslim yang terbang ke Brasil.

Namun ada kekhawatiran soal penyebaran materi agama, baik booklet dan kitab suci. Pasalnya, menurut peraturan FIFA, tidak boleh ada pamflet agama yang disebarkan di radius lima kilometer dari kota tempat pertandingan berlangsung. Belum diketahui reaksi FIFA terkait rencana ini.

Piala Dunia akan dilangsungkan pada 12 Juni hingga 13 Juli 2014. Sebanyak 12 kota di Brasil jadi tempat pertandingan, yaitu Belo Horizonte, Brasilia, Cuiaba, Curitiba, Fortaleza, Manuas, Natal, Porto Alegre, Recife, Salvador, Sao Paulo dan Rio de Janeiro

Total ada 32 tim yang terbagi ke delapan grup yang akan bertanding memperebutkan tropi Piala Dunia. Ada lima negara Muslim yang ikut bertanding, di antaranya Aljazair, Kamerun, Pantai Gading, Nigeria, dan Bosnia-Herzegovina.

Sementara itu, ummat muslim di Brazil juga akan memanfaatkan even piala dunia untuk mendakwahkan ajaran Islam. Mengingat akan ada jutaan orang dari seluruh dunia yang diperkirakan berkunjung selama penyelenggaraan kompetisi empat tahunan tersebut.

Presiden Dewan Imam dan Urusan Islam Brazil (SCIIAB) Sheikh Khaled Taky El Din seperti dikutip News Agency for Latin America (ALUKA), mengungukapkan pihaknya telah berkordinasi dengan pemerintah untuk memperoleh izin mempromosikan ajaran Islam.

Sejumlah organisasi Islam, seperti Uni Asosiasi Islam Brazil, Pusat Dakwah Amerika Latin, Majelis Dunia Pemuda Mudsil dan Uni Entitas Islam Nasional menyatakan ambil bagian. Seluruh organisasi ini nantinya akan mengikuti prosedur yang akan ditetapkan panitia penyelenggara.

“Dari kordinasi yang dilakukan, kami senang, ide kami mendapat sambutan positif,” katanya. (T/P07/IR )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0