Piala Dunia U-20 2021 Resmi Ditunda Hingga 2023

Jakarta, MINA – Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi menunda ajang 2021 di Indonesia menjadi tahun 2023 mendatang.

Piala Dunia U-20 yang seharusnya digelar pada 20 Mei-12 Juni 2021, harus ditunda karena masih dalam mengatasi masalah pandemi COVID-19. Demikian dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Jumat (25/12).

Sampai saat ini, FIFA telah melakukan pembatalan turnamen-turnamen kelas usia seperti; Piala Eropa U-19 2020, Piala Asia U-19 2020 dan Piala Asia U-16 2020.

Sebelumnya, pemerintah sudah melakukan upaya-upaya agar Piala Dunia U-20 tetap digelar tepat waktu.

“Sesungguhnya pemerintah sudah berupaya keras untuk meyakinkan FIFA tentang keseriusan yang ditunjukkan oleh Pemerintah bersama PSSI, melalui surat yang dikirimkan pada awal Desember 2020 kepada Presiden FIFA termasuk juga upaya dalam mengatasi masalah pandemi COVID-19,” tulis Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam rilisnya.

“Dalam surat tersebut secara lengkap juga disebutkan tentang dukungan Presiden RI melalui Keppres dan Inpres dan juga optimalisasi persiapan Timnas dan renovasi sejumlah venue pertandingan,” tambahnya.

Namun, Biro Dewan FIFA tetap bulat pada keputusannya untuk menunda Piala Dunia U-20 dan juga Piala Dunia U-17 2021 per 24 Desember 2020. Ajang Piala Dunia U-20 tahun ini batal dihelat dan baru akan digelar pada tahun 2023, dengan Indonesia tetap jadi tuan rumah.

Tertundanya Indonesia menggelar ajang tersebut sampai dua tahun ke depan jelas meninggalkan rasa kecewa mengingat begitu banyak persiapan yang telah dilakukan, baik dari waktu dan pendanaan. Namun, pemerintah bersikap diplomatis bahwa penundaan ini juga demi kebaikan bersama.

“Pemerintah memahami sepenuhnya keputusan FIFA tersebut, dengan alasan adanya penyebaran pandemi COVID-19 yang masih berkembang hampir merata di seluruh penjuru dunia,” tulis Zainudin Amali.

“Selain itu, pemerintah juga sangat menghormati FiFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek,” katanya. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.