Pihak-Pihak Bertikai Yaman Bahas Pertukaran Tahanan di Swiss

Bern, MINA – Babak baru pembicaraan yang ditengahi antara Houthi yang didukung Iran, dan pemerintah yang diakui secara internasiona,l tentang pertukaran tahanan dimulai pada Sabtu (11/3) di kota Bern, Swiss.

Utusan PBB Hans Grundberg mengatakan, pertemuan ketujuh Komite Pengawas Pelaksanaan Perjanjian Pertukaran Tahanan diadakan pada Sabtu di Swiss di bawah naungan kantornya dan Komite Palang Merah Internasional, demikian Arab News melaporkan.

Yaman akan bekerja untuk membahas pembebasan tanpa syarat atas semua tahanan, dan orang hilang.

“Saya berharap para pihak siap untuk terlibat dalam diskusi yang serius dan akan datang untuk menyepakati pembebasan tahanan sebanyak mungkin,” kata Grundberg.

Ia mendesak negosiator Yaman bekerja sekeras mungkin untuk menghasilkan prestasi nyata yang dapat membebaskan ribuan orang Yaman sebelum bulan suci Ramadhan dimulai pada 23 Maret.

Jika berhasil, kata para pejabat dan analis, ratusan warga Yaman yang ditahan akan dibebaskan, dan itu akan menjadi langkah besar menuju negosiasi yang lebih komprehensif untuk mengakhiri perang di Yaman.

“Dengan mendekatnya Ramadhan, saya mendesak para pihak memenuhi komitmen yang mereka buat, tidak hanya untuk satu sama lain tetapi juga ribuan keluarga Yaman yang telah menunggu dipersatukan kembali dengan orang yang mereka cintai,” ujar Grundberg.

PBB, mediator regional dan internasional telah mendorong pihak Yaman untuk mencapai kesepakatan membebaskan ribuan narapidana, terinspirasi oleh penghentian permusuhan yang signifikan di seluruh negeri sejak April tahun lalu di bawah gencatan senjata yang ditengahi PBB.

Pertukaran tahanan besar terbaru antara Houthi dan pemerintah Yaman terjadi pada Oktober 2020, dengan lebih dari 1.000 tahanan dibebaskan. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)