PLO Akhiri Komitmen Perjanjian dengan Israel

Ramallah, MINA – Dewan Pusat Organisasi Pembebasan () mengakhiri komitmen terhadap pemerintah , termasuk pengakuan Palestina terhadap negara Israel, sampai mereka mengakui negara Palestina di sepanjang perbatasan pra-1967 dengan Jerusalem Timur sebagai ibukotanya.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada akhir sesi ke-30, Dewan Pusat PLO mencatat bahwa Israel terus mengabaikan perjanjian dan komitmennya terhadap Palestina, demikian MEMO melaporkan dikutip MINA, Selasa (30/10).

Keputusan dewan ini termasuk mengakhiri semua jenis koordinasi keamanan dengan Israel serta hubungan ekonomi, mengingat bahwa Protokol Ekonomi Paris dan fase transisi yang seharusnya mengarah pada negara Palestina yang berdaulat dan independen tidak berlaku lagi.

PLO juga menyatakan penolakannya terhadap “Kesepakatan Abad Ini” yang menurut mereka bertujuan untuk memisahkan Gaza dari Tepi Barat dan Yerusalem Timur.

Mereka menegaskan kembali bahwa mencapai gencatan senjata dengan pendudukan Israel adalah tanggung jawab PLO sebagai satu-satunya wakil sah dari rakyat Palestina.

Sesi ke-30 dewan diadakan di Ramallah yang diduduki dan dipimpin oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (T/Ast/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.