PM Baru Jepang Telepon Jokowi, Ingin Bangun Hubungan yang Istimewa

Jakarta, MINA – Perdana Menteri (PM) yang baru Suga Yoshihide pada hari Selasa (13/10) berbincang dengan Presiden Joko Widodo melalui telewicara.

Pada awal pembicaraan, Perdana Menteri Suga menyampaikan niatnya untuk membangun hubungan yang istimewa dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam pembicaraan selama 10 menit itu, PM Suga menyampaikan keinginan mempererat kemitraan strategis dengan Indonesia yang memiliki nilai-nilai dasar yang sama dan hubungan historis di berbagai bidang dengan Jepang.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Suga sebagai Perdana Menteri Jepang dan menyampaikan keinginan untuk meningkatkan hubungan Indonesia dan Jepang sebagai mitra yang penting.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Indonesia yang diterima MINA, PM Suga mengatakan, Jepang tetap mempromosikan “Free and Open Indo-Pacific (FOIP)” dan mendukung penuh “ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP)” yang dipromosikan Indonesia.

Selanjutnya, PM Suga juga menyampaikan keinginannya untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang termasuk pembangunan infrastruktur, pembinaan sumber daya manusia, keamanan maritim antara Jepang dan Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk bekerja sama dengan Jepang secara erat guna menanggapi berbagai tantangan di kawasan.

Selain itu, PM Suga menyampaikan harapan agar Indonesia mendukung penyelesaian masalah Korea Utara termasuk isu penculikan warga negara Jepang.(L/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.