PMI Kirim Bantuan Sandang Untuk Korban Gempa Sulbar

Jakarta, MINA – Palang Merah Indonesia () mengirim sejumlah untuk membantu korban gempa 6,2 SR yang menimpa beberapa kabupaten di Sulawesi Barat.

Bantuan berupa kemeja putih sebanyak 10 ribu pcs, masker kain 50 ribu pcs, baju hangat 1.000 pcs, terpal 500 lembar, hand sanitizer saku 500 pcs dan antangin 500 dus akan diberangkatkan dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara dengan menggunakan KM Omar Rasheed milik PT Kalla Group. Demikian keterangan yang diterima MINA, Senin (18/1).

diperkirakan akan menempuh perjalanan dua malam hingga tiba di pelabuhan Soekarno Hata Makassar, kemudian akan disalurkan via darat menuju provinsi Sulawesi Barat, dan akan menempuh perjalanan selama satu malam lagi.

Kepala Biro Sarana dan Prasana Markas Pusat PMI, Tia Kurniawan mengatakan, pengiriman bantuan tersebut merupakan instruksi langsung dari ketua umum PMI Pusat, .

Sebelumnya, PMI juga telah mengirimkan bantuan berupa 10 unit tangki Air untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi para pengungsi korban gempa, logistik family kit serta baby kit dan kebutuhan dasar lainnya.

PMI juga mengirimkan sekitar 100 orang relawan yang berasal markas PMI Sulawesi tengah dan Sulawesi Selatan, yang memiliki spesialisasi di bidang Shelter, Water Santitation, Logistik, kesehatan, Assesment dan Psikososial.

Selain itu, sejumlah PMI Kabupaten yang ada di Propinsi Sulawesi Selatan, seperti PMI Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pinrang dan Kota Pare-Pare, serta Kota Solo Jawa Tengah juga mengirimkan relawan PMI terbaiknya untuk membantu operasi Tanggap Darurat Bencana Pasca Bencana Alam di Propinsi Sulbar.

Mereka akan disebar ke beberapa posko PMI yang ada di Kabupaten Majene, Polewali Mandar dan Mamasa, yang juga terdampak gempa bumi pada jumat (15/1) lalu. (R/SR/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)