Pohon Uang Amerika: Dibalik Bantuan AS untuk Israel yang Tak Terungkap

(Foto: Blog, Flickr)

Oleh: Dr. Ramzy Baroud, Kolumnis dan Editor Internasional dari PalestineChronicle.com

Kongres diam-diam menyelipkan dana bantuan senilai miliaran dolar untuk Israel bahkan saat mereka berdebat selama berbulan-bulan mengenai sangat sedikitnya bantuan yang hanya  masing-masing $600 untuk membantu keluarga-keluarga Amerika menanggung akibat pandemi COVID-19.

Pada 21 Desember 2020, Kongres Amerika Serikat mengesahkan Paket Bantuan COVID-19, sebagai bagian yang lebih besar dari RUU bantuan senilai $2,3 triliun yang dimaksudkan untuk menutupi pengeluaran selama sisa tahun fiskal. Seperti biasa, perwakilan AS mengalokasikan sejumlah besar uang untuk Israel.

Sementara pengangguran, dengan demikian kemiskinan, di AS meroket sebagai akibat dari kebijakan lockdown berulang, AS merasa penting untuk memberi Israel $3,3 miliar dalam ‘bantuan keamanan’ dan $500 juta untuk kerja sama pertahanan rudal AS-Israel.

Meskipun pembayaran $600 dolar yang sedikit untuk membantu keluarga-keluarga Amerika yang berjuang menjadi subyek perdebatan sengit selama beberapa bulan, hanya ada sedikit diskusi di antara para politisi Amerika mengenai dana besar yang diberikan kepada Israel, yang tidak akan ada hasilnya.

Dukungan untuk Israel dianggap sebagai prioritas bipartisan dan, selama beberapa dekade, dianggap sebagai item paling stabil dalam agenda kebijakan luar negeri AS. Pertanyaan belaka tentang bagaimana Israel menggunakan dana tersebut – apakah bantuan militer secara aktif digunakan untuk menopang pendudukan ilegal Israel di , mendanai permukiman Yahudi, mendanai aneksasi tanah Palestina, atau melanggar hak asasi manusia Palestina – adalah hal yang sangat tabu.

Salah satu dari sedikit anggota Kongres yang menuntut agar bantuan kepada Israel dikondisikan pada penghormatan terakhir terhadap hak asasi manusia adalah Senator Demokrat, Bernie Sanders, dari Vermont, yang juga merupakan calon presiden terkemuka untuk Partai Demokrat.

“Kami tidak dapat memberikan hak penuh kepada pemerintah Israel … Kami memiliki hak untuk menuntut penghormatan terhadap hak asasi manusia dan demokrasi,” kata Sanders pada Oktober 2019.

Saingannya dari Partai Demokrat, yang sekarang menjadi Presiden terpilih, Joe Biden, segera membalas: “Gagasan bahwa saya akan menarik bantuan militer, seperti yang disarankan orang lain, dari Israel, adalah aneh,” katanya.

Bukan rahasia lagi bahwa Israel adalah penerima bantuan AS terbesar di dunia sejak Perang Dunia II. Menurut data yang disediakan oleh Layanan Riset Kongres AS, Israel telah menerima $146 miliar uang pembayar pajak AS per November 2020.

Dari tahun 1971 hingga 2007, sebagian besar dana ini terbukti sangat penting dalam membantu Israel membangun basis ekonomi yang kuat. Sejak itu, sebagian besar uang telah dialokasikan untuk tujuan militer, termasuk keamanan perusahaan pemukiman ilegal Yahudi di Israel.

Terlepas dari krisis keuangan AS tahun 2008, uang Amerika terus disalurkan ke Israel, yang ekonominya selamat dari resesi global, sebagian besar tanpa cedera.

Pada 2016, AS menjanjikan lebih banyak uang. Pemerintahan Barack Obama dari Partai Demokrat, yang sering – meskipun secara keliru – dipandang bermusuhan dengan Israel, meningkatkan pendanaan AS ke Israel dengan selisih yang signifikan. Dalam Nota Kesepahaman 10 tahun, Washington dan Tel Aviv mencapai kesepakatan di mana AS setuju untuk memberi Israel $38 miliar bantuan militer yang mencakup tahun-tahun keuangan 2019-2028. Ini adalah peningkatan besar sebesar $8 miliar dibandingkan dengan perjanjian 10 tahun sebelumnya, yang berakhir pada akhir 2018.

Dana Amerika Serikat yang baru dibagi menjadi dua kategori: $33 miliar hibah militer asing dan tambahan $5 miliar untuk pertahanan rudal.

Kemurahan hati AS telah lama dikaitkan dengan pengaruh yang tak tertandingi dari kelompok pro-Israel, yang memimpin di antara mereka adalah Komite Urusan Publik Israel Amerika (AIPAC). Empat tahun terakhir, bagaimanapun, membutuhkan sedikit lobi oleh kelompok-kelompok ini, karena agen-agen kuat dalam pemerintahan itu sendiri menjadi pendukung utama Israel.

Selain dari ‘kebebasan politik’ yang tampaknya tak ada habisnya yang telah diberikan oleh Pemerintahan Donald Trump kepada Israel dalam beberapa tahun terakhir, saat ini sedang mempertimbangkan cara untuk mempercepat jadwal pengiriman sisa dana AS sebagaimana ditentukan dalam MOU terakhir, jumlah yang saat ini mencapai $26,4 miliar.

Menurut dokumen resmi kongres, AS “juga dapat menyetujui penjualan tambahan F-35 ke Israel dan mempercepat pengiriman pengisian bahan bakar KC-46A dan pesawat angkut ke Israel.”

Ini tidak semua dana dan keuntungan yang diterima Israel. Lebih banyak lagi yang tidak dilaporkan, karena disalurkan baik secara tidak langsung atau hanya dipromosikan di bawah judul fleksibel ‘kerjasama’.

Misalnya, antara 1973 dan 1991, sejumlah besar dana AS $ 460 juta dialokasikan untuk pemindahan orang Yahudi di Israel.

Banyak dari imigran baru ini sekarang adalah militan Israel yang menempati pemukiman ilegal Tepi Barat.

Dalam kasus khusus ini, uang tersebut dibayarkan ke badan amal swasta yang dikenal sebagai United Israel Appeal yang, selanjutnya, memberikan uang tersebut kepada Badan Yahudi. Yang terakhir ini memainkan peran sentral dalam pendirian Israel di atas reruntuhan kota dan desa Palestina pada tahun 1948.

Dengan kedok sumbangan amal, puluhan juta dolar secara teratur dikirim ke Israel dalam bentuk “hadiah yang dapat dipotong pajak untuk pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan Yerusalem Timur,” lapor New York Times.

Sebagian besar uang, yang secara palsu dipromosikan sebagai sumbangan untuk tujuan pendidikan dan keagamaan, sering kali digunakan untuk mendanai dan membeli perumahan bagi pemukim ilegal, “serta anjing penjaga, rompi antipeluru, senapan dan kendaraan untuk mengamankan pos terdepan (Yahudi ilegal) jauh di wilayah (Palestina) yang diduduki. ”

Cukup sering, uang AS berakhir di kas pemerintah Israel dengan alasan penipuan. Misalnya, Paket Stimulus terbaru mencakup $50 juta untuk mendanai Nita M. Lowey Middle East Partnership for Peace Funds, yang konon untuk menyediakan investasi dalam “pertukaran orang-ke-orang dan kerja sama ekonomi… antara Israel dan Palestina dengan tujuan mendukung sebuah solusi dua negara yang dinegosiasikan dan berkelanjutan. ”

Sebenarnya, uang semacam itu tidak memiliki tujuan tertentu, karena Washington dan Tel Aviv berusaha untuk memastikan matinya perjanjian perdamaian yang dinegosiasikan dan bekerja bahu membahu untuk membunuh solusi dua negara yang sekarang sudah mati.

Daftarnya tidak ada habisnya, meskipun sebagian besar uang ini tidak termasuk dalam paket bantuan resmi AS ke Israel, oleh karena itu hanya mendapat sedikit pengawasan, apalagi liputan media.

Pada Februari 2019, AS telah menahan semua dana kepada Otoritas Palestina di Tepi Barat, Selain pemotongan bantuan ke badan Pengungsi Palestina PBB (UNRWA), bantuan terakhir yang dibutuhkan untuk memberikan pendidikan dasar dan layanan kesehatan kepada jutaan pengungsi Palestina.

Dilihat dari warisan dukungannya yang berkelanjutan terhadap mesin militer Israel dan ekspansi kolonial yang sedang berlangsung di Tepi Barat, Washington bersikeras untuk melayani sebagai dermawan utama Israel – jika bukan mitra langsung – sambil menghindari warga Palestina sama sekali.

Mengharapkan AS untuk memainkan peran konstruktif dalam mencapai perdamaian yang adil di Palestina tidak hanya mencerminkan kenaifan yang tidak dapat dipertahankan tetapi juga ketidaktahuan yang disengaja.(AK/R1)

Sumber: MintPress News

*Tulisan-tulisan Dr. Ramzy Baroud diterbitkan dan diterjemahkan secara luas. Ia adalah kolumnis dan editor internasional dari PalestineChronicle.com. Buku terbarunya adalah The Last Earth: A Palestine Story (Pluto Press, 2018). Ia meraih gelar Ph.D. di Studi Palestina dari Universitas Exeter (2015), dan seorang Sarjana di Orfalea Center for Global and International Studies, UCSB.

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.