POLISI INGGRIS COBA LACAK TIGA GADIS KE SURIAH

Ilustrasi gadis Inggris terpengaruh ISIS melalui internet. (Foto: Reuters)
Ilustrasi gadis Inggris terpengaruh ISIS melalui internet. (Foto: Reuters)

, 2 Jumadil Awwal 1436/21 Februari 2015 (MINA) – Polisi Inggris melakukan penyidikan untuk melacak tiga London yang diyakini melakukan perjalanan ke , untuk mengambil bagian dalam konflik di sana.

Dikabarkan mereka yang berusia 15-16 tahun, terbang ke Turki awal pekan ini tanpa memberitahu keluarganya, Al-Jazeera melaporkan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Ketiganya meninggalkan rumahnya di London Timur pada Selasa (17/2) dan melakukan perjalanan ke Bandara Gatwick, di mana mereka naik penerbangan Turkish Airlines ke Istanbul.

Polisi mengatakan Jumat (20/2), mereka bekerja sama dengan pemerintah Turki mencoba untuk menemukan gadis-gadis itu dan membawanya pulang.

“Kami masih berpikir ada kemungkinan mereka masih di Turki,” kata Richard Walton dari polisi komando kontra terorisme London kepada wartawan, Jumat.

Dua dari ketiga gadis itu bernama Shamima Begum dan Kadiza Sultana, murid di Bethnal Green Academy.

Mereka berteman dengan seorang gadis remaja keempat dari sekolah yang sama, di mana polisi yakin sudah berada di Suriah, setelah melakukan perjalanan ke Turki pada Desember lalu.

Walton mengatakan, keluarga mereka terkejut dan hancur perasaannya oleh hilangnya anak gadis mereka.

Pasukan keamanan memperkirakan sekitar 600 Muslim Inggris telah melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dalam konflik di sana, beberapa dari mereka bergabung dengan kelompok Negara Islam atau IS.

Sekitar setengahnya telah kembali, dan puluhan ditangkap di Inggris di bawah undang-undang anti-terorisme. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0