Polisi Israel Dipaksa Buka Kembali Gerbang Baabur Rahmah

Yerusalem, MINA – Pengunjuk rasa Muslim Palestina pada Selasa (19/2) berhasil memaksa otoritas pendudukan Israel untuk membuka di kompeks Masjid Al-Aqsa yang baru-baru ini disegel polisi Israel. Demikian PIC melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Departemen Wakaf Islam menyatakan, polisi Israel melepas kunci dan rantai yang mereka letakkan sehari sebelumnya di gerbang emas yang mengarah ke bangunan Baabur Rahmah, di dinding timur Kota Tua Yerusalem.

Sebelumnya ketegangan membara di dekat dan di Masjid al-Aqsa setelah polisi Israel menutup gerbang emas dan menahan jamaah Muslim.

Menurut sumber yang sama, krisis diselesaikan setelah upaya oleh otoritas Islam dan kontak dengan pemerintah Yordania.

Peristiwa tersebut terjadi sehari setelah polisi militer Israel menyegel gerbang emas yang mengarah ke bangunan besar milik wakaf di dekat Baabur Rahmah, juga dikenal sebagai Gerbang Emas.

Tindakan ini dianggap umat Muslim Palestina sebagai usaha memisahkan masjid dan alokasi bagian timur untuk pemukim Yahudi Israel.

Baabur Rahmah merupakan bagian integral dari kompleks Masjid Al-Aqsa yang berada di bawah kedaulatan otoritas Wakaf. Yordania. (T/iss/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)