Politisi Tinggi Tunisia dan Yaman Kutuk Normalisasi Israel-Maroko

Mantan Presiden Tunisia Moncef Marzouk. (DR)

Tunis, MINA – dan penasihat presiden Yaman Abdul Malik al-Mikhlafi pada Jumat (11/12) mengutuk pengumuman kontroversial tentang hubungan antara Maroko dan Israel, Anadolu Agency melaporkan.

“Sebagai warga Tunisia dan Maghrebian, saya mengutuk normalisasi pemerintah Maroko dengan Israel pada saat aktivitas permukiman ilegal dan aneksasi Israel dan semua jenis pelanggaran terhadap hak-hak Palestina sedang meningkat,” kata Marzouki di media sosial.

“Hak-hak rakyat Palestina akan terus terikat oleh hukum dan hati nurani,” kata al-Mikhlafi di Twitter.

Al-Mikhlafi menggarisbawahi bahwa orang Maroko menolak normalisasi dengan Israel.

Presiden AS Donald Trump mengumumkan pada Kamis (10/12) bahwa Israel dan Maroko “telah menyetujui hubungan diplomatik penuh,” menyebut kesepakatan itu sebagai “terobosan besar-besaran” untuk perdamaian di Timur Tengah.

Dalam sebuah pernyataan, Kantor Kerajaan Maroko mengkonfirmasi bahwa negara itu bermaksud untuk melanjutkan kontak resmi dan hubungan diplomatik dengan Israel “secepat mungkin,” kantor berita nasional MAP melaporkan.

Berita itu menjadikan Maroko negara keempat yang menormalkan hubungan dengan Tel Aviv, setelah Sudan mengumumkan normalisasi resmi hubungan dengan Israel dan menghentikan agresi terhadap negara Yahudi itu pada Oktober.

Bahrain dan UEA sepakat pada September untuk membangun hubungan diplomatik, budaya, dan komersial penuh dengan Israel setelah menandatangani perjanjian kontroversial di Gedung Putih.

Kesepakatan tersebut telah menuai kecaman luas dari warga Palestina, yang mengatakan kesepakatan tersebut mengabaikan hak-hak mereka dan tidak melayani kepentingan Palestina. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.