Ponpes Hafidz Al-Fatah Jambi Panen Ikan Patin Dua Ton

Sarolangun, MINA – Pondok Pesantren Hafidz Al-Fatah Sarolangun, Jambi memanen di kawasan Ponpes tersebut.

mulai kemarin hingga sekarang Senin-Selasa 6-7 Juli 2020, alhamdulillah terkumpul sekitar dua ton dengan nominal 40 juta rupiah,” kata Ketua Yayasan Dr. Ahyauddin kepada MINA, Selasa (7/7).

Ahyauddin menjelaskan, nantinya hasil panen tersebut digunakan untuk pembangun asrama santri.

“Ponpes Hafidz Al Fatah Sarolangun Jambi merupakan pondok pesantren terpadu dan mandiri, terpadu dalam makna mengintegrasikan pendidikan ilmu Al-Quran, menghafal dan ilmu tafsir, sains dan teknologi serta keterampilan,” imbuhnya.

Mandiri bermakna segala pembiayaan ponpes diharapkan bisa diperoleh dari kegiatan-kegiatan dan keterampilan santri yang produktif dan berdaya guna.

Kegiatan memberdayakan santri tidak hanya pada kegiatan pertanian saja, tapi juga pada kegiatan lainnya, seperti perikanan dan bangunan.

Ahyauddin menerangkan, ternak patin merupakan alternatif yang mudah dilaksanakan, selain keterbatasan sumber air, patin juga ikan yg sangat toleransi terhadap kondisi lingkungan.

Pemanenan patin kurang lebih 4-5 bulan dengan berat per ekor rata-rata empat ons. Memanen patin untuk satu petak membutuhkan tenaga santri 10 orang. Adapun pemasaran itu langsung di jual di tempat oleh pedagang yang datang langsung ke pondok.

Harapannya, bisa memberikan nilai tambah bagi kelangsungan pendidikan, terutama kegiatan praktik bekerja bagi santri itu sendiri.

“Selain itu di harapkan juga bisa mmberikan tambahan dalam mendukung biaya operasional ponpes,” ujarnya. (L/R8/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.