Posko Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Banjir di Masamba

, Kabupaten Luwu Utara, MINA  – Lembaga Nirlaba Aksi Cepat Tanggap ()  mendirikan posko kemanusiaan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Banjir bandang meluluhlantakkan Masamba Selasa (13/7) malam. Luapan Sungai Masamba dan curah hujan yang tinggi membuat rumah warga terendam air dan lumpur setinggi 1,5 meter. Banjir juga membawa material berupa gelondong kayu, sampah, dan lumpur, demikian keterangan yang diterima MINA.

“Posko didirikan sebagai pusat informasi dan penyaluran bantuan untuk warga terdampak banjir di Kecamatan Masamba,” terang Kepala Program ACT Sulawesi Selatan Andy Syurganda Haruna, Rabu (15/7).

Andy menjelaskan, melalui posko kemanusiaan, koordinasi relawan dan distribusi bantuan diikhtiarkan lebih cepat diterima para korban.

Menurut laporan Syurganda, tangis histeris warga meminta pertolongan pada Senin malam membuat suasana semakin mencekam.

“Di daerah Patambua misalnya, salah satu titik terdampak cukup parah, dilaporkan ada 38 orang hilang sementara sekitar 200 KK di Desa Meli mengungsi ke dataran yang lebih tinggi. Di antara warga yang hilang itu ada anak kecil berumur 8 tahun yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya,” lanjut Andy.

Posko  Kemanusiaan Induk berada di kantor ACT Sulawesi Selatan di Jalan Sultan Alauddin Kota Makasar, sedangkan posko wilayah dibuka di tiga lokasi. Dua posko berada di Kecamatan Masamba, yakni di Jalan Muh Hatta depan Pasar Sentral Masamba dan di Jalan Rambutan, Kelurahan Baliase, sedangkan satu posko lagi di Kota Palopo, berada di Jalan Garuda No. 7C, Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara.

Menurut data dari tim Disaster Emergency Response ACT yang berada di lokasi bencana, kebutuhan mendesak yang dibutuhkan warga berupa makanan siap saji, air bersih, perlengkapan sanitasi, selimut, sarung, pakaian, obat-obatan dan lain-lain.

“Para dermawan di sekitar Makassar bisa langsung mengantarkan bantuan ke posko induk maupun posko daerah kami di Luwu Utara,” pungkasnya. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.