PPKM Level 4 di Jakarta Diperpanjang, Rumah Ibadah Mulai Buka Kapasitas 25 Persen

Jakarta, MINA –  Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Jakarta resmi diperpanjang sepekan ke depan hingga 16 Agustus 2021.

Dalam perpanjangan PPKM level 4 ini, sejumlah sektor sudah dibuka kembali. Pelonggaran pembukaan antaranya, pusat perbelanjan/mall, sarana olahraga terbuka, serta kegiatan peribadatan dengan aturan yang berlaku.

Gubernur Anies menjelaskan, dibuka kembali sejumlah sektor tersebut dengan syarat kapasitas maksimal 25 persen, dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

“Tetap disiplin menjaga protokol kesehatan, dan jangan kendor. Kita harus terus berusaha dan berdoa agar bisa segera melewati masa pandemi ini,” ungkap Gubernur Anies, pada Rabu (11/8) sebagaimana rilis yang diterima MINA.

Kebijakan tersebut dituangkan dalam Keputusan Gubernur Provinsi Nomor 974 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Corona Virus Desease 2019 serta sebagai pelaksanaan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Desease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Pada aturan kegiatan Peribadatan tempat ibadah dibuka dengan maksimal 25 persen kapasitas atau 20 orang dengan memerhatikan protokol kesehatan lebih ketat dan/atau pengaturan teknis dari Kementerian Agama.

Sementara pada Kegiatan Belajar Mengajar, pembelajaran masih dilakukan secara jarak jauh atau daring/online.

Dalam Keputusan Gubernur tersebut, tercantum bahwa selama masa perpanjangan PPKM Level 4, masyarakat yang akan melakukan aktivitas di setiap tempat atau sektor-sektor yang telah ditetapkan, harus sudah divaksinasi minimal dosis pertama.

Keputusan Gubernur DKI juga menyatakan kecuali bagi warga yang masih dalam masa tenggang tiga bulan setelah terkonfirmasi COVID-19, dapat menunjukkan bukti hasil laboratorium.

Selain itu, penduduk yang kontraindikasi terhadap vaksinasi COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan medis dapat menunjukkan bukti surat keterangan dokter; dan anak-anak usia kurang dari 12 tahun.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)