Presiden Baru Chili Sosok Kritikus Israel

Presiden terpilih Chili Gabriel Boric melambaikan tangan kepada para pendukungnya saat ia tiba di istana kepresidenan La Moneda di Santiago, Chili, 20 Desember 2021. (AP Photo/ Matias Delacroix)

Santiago de Chile, MINA – Gabriel Boric, seorang anggota parlemen sayap kiri berusia 35 tahun yang sangat kritis terhadap Israel dan orang-orang Chili yang mendukung Israel, terpilih sebagai dengan kemenangan telak akhir pekan lalu.

Boric, yang menjadi terkenal sebagai pemimpin mahasiswa, menang dengan 56 persen suara, 12 poin atas saingan konservatifnya, José Antonio Kast, seorang politisi sayap kanan pro-Israel, Times of Israel melaporkan.

Pemilihan umum tersebut membuat banyak orang Yahudi Chili merasa tidak nyaman karena mereka harus memilih antara Boric, yang telah mendorong orang-orang Yahudi Chili untuk melobi untuk konsesi teritorial Israel, dan Kast, yang ayahnya kemungkinan adalah seorang Nazi dan yang telah membela warisan Augusto Pinochet, militer Diktator Chili yang menewaskan ribuan pembangkang pada 1970-an.

Sebagian besar orang Yahudi tampaknya berpihak pada Kast, dikatakan kepada Jewish Telegraphic Agency bulan lalu bahwa komunitas mereka mengalami “perasaan terkepung.” Dari 111 warga Chili yang tinggal di Israel yang memilih dari luar negeri, 73 memberikan suara mereka untuk Kast, dibandingkan dengan hanya 33 untuk Boric, menurut database pemilihan nasional Chili.

Dalam pidato kemenangannya, Boric berjanji untuk “berjuang dengan tegas melawan hak-hak istimewa segelintir orang” saat ia berupaya memajukan visinya untuk masa depan Chili.

“Saya jamin saya akan menjadi presiden yang peduli pada demokrasi dan tidak mengambil risiko, lebih banyak mendengar daripada berbicara, mencari persatuan, dan memenuhi kebutuhan rakyat setiap hari,” katanya.

Komunitas Yahudi Chili, sebuah organisasi nirlaba yang mewakili kepentingan komunal, mengucapkan selamat kepada Boric dalam sebuah pernyataan singkat, berharap dia dan pemerintahnya “sukses” dan memuji transparansi pemilihan negara.

Kelompok resmi yang mewakili sekitar 18.000 orang Yahudi Chili itu memiliki hubungan yang rumit dengan Boric. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.