Presiden Jokowi Apresiasi Tim SAR Gabungan Pencarian Sriwijaya Air SJ-182

Jakarta, MINA – mengunjungi Posko Terpadu operasi SAR jatuhnya di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Rabu (20/1).

Dalam kunjungan itu, presiden menyaksikan prosesi penyerahan santunan yang dipimpin Menhub oleh Dirut Jasa Raharja dan pihak Sriwijaya Air kepada tiga perwakilan keluarga korban.

Masing-masing korban mendapatkan santunan Rp 50 juta dari Jasa Raharja dan Rp 1,250 miliar dari pihak Sriwijaya Air. Demikian keterangan yang diterima MINA.

Presiden dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh tim yang terlibat langsung dalam operasi SAR.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim SAR gabungan, yang terdiri dari Kementerian Perhubungan, Basarnas, TNI, Polri, KNKT, dan semua unsur yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, atas kerja keras sejak awal musibah hingga kini,” kata Presiden.

Presiden RI juga mengucapkan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban.

Presiden menekankan pentingnya pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan para penumpang kepada Kemenhub maupun KNKT.

“Di bidang transportasi, keselamatan adalah hal yang utama,” tegasnya.

Dalam kunjungan itu, Presiden didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, disambut Kabasarnas Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito KSAL Laksamana Yudo Margono dan Ketua KNKT Soerjanto.

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu 9 Januari 2021 sore sekitar pukul 14.40 WIB. Pesawat jatuh di kawasan Kepulauan Seribu, antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, tepatnya pada koordinat 05°57’47.81’’ S – 106°34’10.76’’ E.

Pesawat yang bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta tersebut mengangkut 62 penumpang, terdiri dari 6 awak aktif, 40 orang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi, dan 6 awak sebagai penumpang.

Hingga hari ke-12, siang ini, update penemuan obyek pencarian tim SAR total sebanyak 324 human body remains, 63 serpihan kecil pesawat dan 55 potongan besar. (R/R12/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.