PRESIDEN JOKOWI KUNJUNGI TIGA NEGARA TIMTENG PERLUAS AKSES PASAR

jokowi di bandara halim
Presiden memberikan keterangan pers terkait lawatannya ke tiga negara di Timur Tengah, di Bandara Halim PK, Jakarta, Jumat (11/9). (Sekkab)

Jakarta, 28 Dzulqa’dah 1436/12 September 2015 (MINA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan  kunjungan ke tiga negara di kawasan Timur Tengah (), yaitu Uni Emirat Arab; Qatar; dan Arab Saudi, mulai Jumat (11/9) hingga Selasa (15/9) mendatang, dimaksudkan untuk mempererat hubungan bilateral dan membuka akses pasar lebih besar Indonesia dengan negara-negara di Timur Tengah.

“Sebagai mitra penting di kawasan untuk kerja sama ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi, kunjungan kita ini diharapkan dapat membuka akses pasar yang lebih besar bagi produk Indonesia di pasar Timur Tengah,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (11/9) sebelum bertolak ke Jeddah.

Menurut informasi Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi menjelaskan, dalam kunjungan itu ia akan melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Salman Bin Abdulaziz di Jeddah, Saudi Arabia, kemudian dengan Syeikh Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan, Putera Mahkota Persatuan Emirat Arab di Abu Dhabi, dan kemudian akan bertemu dengan Syeikh Tamim Bin Hamad Al-Thani, Emir Qatar di Doha, Qatar.

Menurut Presiden, Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar Republik Indonesia di kawasan Timur Tengah. Sementara Persatuan Emirat Arab atau Uni Emirat Arab merupakan tujuan utama ekspor Indonesia ke Timur Tengah, dan Qatar merupakan penyumbang investasi terbesar, termasuk investasi portofolio dari Timur Tengah ke Indonesia.

Karena itu, lanjut Presiden Jokowi, kunjungan ini juga diharapkan dapat mendorong investasi, mendatangkan investor dari ketiga negara tersebut untuk melakukan investasi langsung baik di bidang infrastruktur, di sektor ekonomi, dan juga arus uang untuk investasi portofolio ke Indonesia.

Presiden menambahkan, dalam kunjungan ini, pemerintah juga akan terus mendorong kemitraan dan kerja sama sektor industri strategis, termasuk rencana pembelian beberapa produk alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia oleh ketiga negara tersebut. (T/P2/P4).

Mi’raj Islmic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0