Presiden Majelis Umum PBB Kecam Upaya Kudeta di Turki

Ankara, 13 Syawal 1437/18 Juli 2016 (MINA) – Presiden Majelis Umum PBB, Mogens Lykketoft, mengecam paya kudeta terhadap pemerintahan Republik Turki yang sah pada Jumat malam (15/7/2016) waktu setempat.

“Saya sangat mengutuk upaya dari kelompok di angkatan bersenjata untuk menggulingkan pemerintah Turki dan menyampaikan belasungkawa bagi nyawa yang hilang selama upaya kudeta,” kata Mogens Lykketoft.

Dia meminta masyarakat internasional untuk mendukung pemerintah Turki yang terpilih secara demokratis, demikian Anadolu Agency melaporkan dan dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Masyarakat internasional harus mendukung penuh pemerintah yang terpilih secara demokratis dan supremasi hukum di Turki,” tambahnya.

Sebuah kelompok minoritas dalam militer Turki, mengendalikan beberapa aset militer termasuk helikopter dan pesawat tempur, mengabaikan komando pada Jumat malam, dan berusaha untuk menggulingkan pemerintah terpilih Turki, sebagaimana dilaporkan Perdana Menteri Binali Yildirim.

hingga berita ini diturunkan, sekitar 160 orang meninggal dalam kekerasan berikutnya, sementara hampir 3.000 personil militer yang terlibat dalam upaya kudeta ditangkap.(T/P004/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)