Presiden Perintahkan Menhub Buka Penerbangan Internasional ke Bandar Lampung

Bandar Lampung, MINA – Presiden RI Joko Widodo telah mengintruksikan kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi K. Sumadi, agar dalam waktu dua pekan mendatang sudah ada penerbangan internasional dari dan ke Bandar Lampung.

Hal tersebut Presiden sampaikan seusai meresmikan Terminal Baru Bandar Udara (Bandara) Internasional Radin Inten II, Bandar Lampung, Lampung Selatan pada Jumat (8/3).

“Saya tadi sudah perintahkan kepada Menteri Perhubungan. Yang pertama agar bandara ini paling lama dua pekan sudah ada penerbangan internasional,” ujar Presiden.

Kepala negara tersebut juga meminta agar transportasi dari kota menuju ke bandara lewat kereta bandara harus juga mulai disiapkan.

“Sehingga kalau nanti kapasitas bandara itu membesar karena growth-nya sangat tinggi sekali di sini, itu sudah ada persiapan kereta bandaranya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk perluasan terminal selanjutnya, Presiden telah memerintahkan kepada Menhub untuk diserahkan saja ke Angkasa Pura (AP) 2 agar pengelolaannya ke depan lebih cepat, sehingga anggaran Kementerian Perhubungan bisa konsentrasi ke bandara-bandara yang lain yang belum bisa mandiri.

Dengan peresmian Terminal Baru Bandara tersebut, Presiden berharap tempat-tempat wisata di Lampung yang banyak sekali seperti bisnis dan investasi akan cepat berkembang.

Dalam kunjunganya, Presiden selain melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian terminal baru Bandar Udara Internasional Radin Inten II, juga melakukan peresmian terminal baru Bandar Udara Silampari.

Bandara Radin Inten II saat ini melayani 34 penerbangan reguler dengan rata-rata okupansi penumpang kurang lebih 7.500 per hari.

Bandara ini juga dapat melayani operasional pesawat sejenis Boeing 737 dan memiliki gedung parkir khusus empat lantai yang dapat menampung ratusan kendaraan. (L/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)