Presiden RI-Korsel Bahas Kerjasama Industri Strategis

Presiden Jokowi (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korsel Moo Jae-in (kanan), di sela-sela KTT G-20, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6). (Foto: Setpres)

Osaka, MINA – Disela-sela gelaran KTT negara-negara 20 (G20), Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo, di Osaka, Jepang, Jumat (28/6).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi dalam pertemuan tersebut kepada wartawan mengatakan, kedua kepala negara membahas masalah kerja sama dalam konteks industri strategis, investasi-investasi Korsel yang ada di Indonesia seperti, di bidang entertainment dan garment.

“Kemudian, dicapai kesepakatan untuk segera menyelesaikan perundingan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IKCEPA) dan juga komitmen kedua kepala negara untuk menyelesaikan perundingan aset pada akhir tahun ini,” kata Menlu dalam keterangannya kepada wartawan di Hotel New Otani, Osaka, Jepang, Jumat (28/6) sore.

Dalam kesempatan tersebut, kata Menlu, Presiden Moon juga menyampaikan dukungannya terhadap konsep ASEAN mengenai Indo Pasifik inisiatif Indonesia.

Konsep Indo Pasifik baru saja disepakati para pemimpin ASEAN pada KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu (23/6) lalu.

Indo-Pasifik merupakan konsep kerjasama negara-negara sepanjang Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dalam hal peningkatan kerjasama, dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Saat melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Moon, Presiden Jokowi didampingi oleh beberapa menteri antara lain, Menko Kemaritiman, Mensesneg, Menlu, Menkeu, Mendag, dan Menperin. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.