PRESIDEN YAMAN UMUMKAN SEPEKAN GENCATAN SENJATA

Presiden Yaman Abd-Rabbo Mansour Hadi. (Foto: AP)
Presiden Abd-Rabbo Mansour Hadi. (Foto: AP)

Riyadh, 5 Rabi’ul Awwal 1437/15 Desember 2015 (MINA) – Presiden Yaman Abd-Rabbo Mansour Hadi mengumumkan tujuh hari mulai Selasa (15/12) sore di seluruh negara yang dilanda perang itu.

Keputusan Presiden Hadi ini dikeluarkan untuk menanggapi permintaan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan bertepatan dengan pembicaraan damai konflik Yaman di Swiss. Anadolu Agency memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sementara itu, koalisi internasional pimpinan Arab Saudi mengatakan akan mematuhi gencatan senjata, selama dan pasukan loyalis mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh tidak melanggar perjanjian.

Perwakilan dari pemerintah Yaman dan milisi oposisi Houthi akan bertemu di Jenewa pada Selasa, dengan harapan menghasilkan penyelesaian konflik bersenjata Yaman.

Sebelumnya pada Sabtu (12/12), oposisi Houthi telah mengumumkan waktu gencatan senjata menjelang pembicaraan damai di Swiss.

Ketua delegasi Houthi untuk pembicaraan damai Mohammed Abdul-Salam saat itu mengatakan, gencatan senjata akan dimulai pada Senin (14/12), sehari sebelum PBB menengahi pertemuan di Swiss. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.