Pria Palestina Mengubah Tabung Gas, Bom Menjadi Tasbih, Pot

Gaza, MINA – Seorang di Gaza telah mengonversi tabung gas air mata bekas dan bom yang digunakan oleh pasukan Israel terhadap demonstran Gaza menjadi karya seni.

, 34, mengumpulkan sisa-sisa konflik di perbatasan Gaza timur dan mengubahnya menjadi pot bunga dan tasbih manik-untuk “mengirim pesan perdamaian kepada dunia.”

“Pasukan penjajah telah menembakkan tabung gas ke arah kami, jadi saya pikir saya akan menggunakannya untuk membuat tasbih manik-manik dan pot bunga,” kata Ataya kepada Middle East Monitor, menambahkan dia telah berpartisipasi dalam Great March of Return dan menyerukan mengakhiri pengepungan bertahun-tahun di Jalur Gaza.

“Mereka menembakkan bom dan tabung gas air mata untuk menyakiti kami, tetapi kami ingin menggunakannya untuk mengirim pesan hidup dan perdamaian,” ujarnya.

Ataya memotong bagian atas dari bom asap, mengisinya dengan tanah dan bibit tanaman.

Menurut artikel MEMO, Ataya mengatakan seni itu juga mengirim “pesan cinta dan kerinduan ke tanah kami, tanah kami yang ditinggalkan nenek moyang kami.”

“(Rezim) Pendudukan Israel mengatakan bahwa kaum tua akan mati dan yang muda akan lupa, tetapi tidak. Kami (tetap) ingat, bahkan lebih dari kakek-nenek kami,” tambahnya.

Pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 140 orang Palestina dan melukai ribuan lainnya dalam protes di sepanjang perbatasan Gaza sejak kampanye diluncurkan pada 30 Maret untuk menuntut hak untuk kembali ke tanah leluhur yang sekarang menjadi bagian dari Israel.

Warga Palestina menuntut “hak untuk kembali” ke rumah dan desa mereka di Palestina yang bersejarah dari mana mereka diusir pada 1948 untuk membuka jalan bagi negara baru Israel.

Mereka juga menuntut diakhirinya blokade 11 tahun Israel-Mesir di Jalur Gaza, yang telah memusnahkan ekonomi daerah kantong di pesisir itu dan merampas 2 juta penduduknya dari banyak komoditas pokok. (T/R11/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Syauqi S

Editor: Bahron Ansori

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.