PRODUK HALAL DI FILIPINA SEMAKIN MENINGKAT

watteu
Dr Watteau Ibrahim, Ketua Komisi Fatwa (Foto: Mirajnews)

Jakarta, 25 Rajab 1436/14 Mei 2015 (MINA) – Ketua Komisi Fatwa Dewan Dakwah Islam atau The Islamic Da’wah Council of the Philippines (IDCP), Dr. Watteau Ibrahim mengatakan, perkembangan di Filipina semakin membaik, ditandai dengan meningkatnya permintaan perusahaan swasta terhadap Sertifikat Halal.

“Perkembangan produk halal di Filipina membaik, banyak perusahaan swasta yang telah menyadari pentingnya produk halal bagi komunitas Muslim. Ini juga akan semakin menguntungkan penghasilan mereka, dan Pemerintah pun mendukung penuh program halal ini,” kata Watteau Ibrahim kepada Mi’raj Islam News Agency (MINA), Rabu (13/5).

Badan IDCP merupakan lembaga yang mengeluarkan Sertifikat Halal resmi yang ditunjuk pemerintah.

Menurutnya, kaum Muslim di negaranya sangat menyadari akan pentingnya makanan halal, sebagai perintah Allah Subhana Wa Ta’ala.

Watteau Ibrahim menambahkan, kaum Muslim di Filipina juga memiliki lembaga  Halal Konsumen Watch, yang bertugas memantau produk-produk yang seharusnya diajukan ke lembaga sertifikasi halal IDCP.

“Pemerintah sangat mendukung pengembangan produk halal, sehingga membuat ekonomi cuikup maju,” ujarnya.

Dewan Dakwah Islam Filipina IDCP menerima banyak perusahaan yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam Jaminan World Halal Forum di Manila, yang sedang dijadwalkan, untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk halal ke negara-negara Muslim.

Dewan Dakwah Islam Filipina merupakan lembaga yang menaungi lebih dari 90 organisasi keagamaan Muslim di Filipina, dan menjadi lembaga komunitas Muslim yang merumuskan aturan  prosedur dalam melakukan verifikasi, validasi dan sertifikasi halal, sejak tahun 1987.

Dr. Watteau Ibrahim tiap tahun secara berkala berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian safari silaturrahim, dan tahun ini dijadwalkan akan menghadiri Tabligh Akbar Sya’ban yang diselenggarakan Jama’ah Muslimin (Hizbullah) di Pondok Pesantren Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, 11-14 Juni mendatang.

Dalam safari tersebut, Watteau diagendakan memberikan Tausiyah dan menyampaikan perkembangan Islam di Filipina. Ikut menyatakan kesediaan hadir pada Ta’lim Tahunan antara lain Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Mr. Fariz Navi Mehdawi, serta Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, dalam konfirmasi Panitia. (L/Imt/P4).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0