PRODUK INDONESIA RAIH RP8,6M DI MIFB MALAYSIA

produk indo-AntaraKuala Lumpur, 4 Ramadhan 1435/2 Juli 2014 (MINA) – Aneka dan minuman komoditi menghasilkan transaksi senilai Rp8,6 miliar  dalam pameran ke-15 Produk Makanan dan Minuman (MIFB)

“Transaksi ini melebihi target yang diharapkan,” kata Atase Perdagangan KBRI Kuala Lumpur  Fajarini Puntodewi kepada Antara seperti yang dikutip Miraj Islamic News Agency (MINA), di Kuala Lumpur, Rabu(2/7).

Menurut Puntodewi, produk makanan dan minuman yang meraih transaksi di antaranya produk teh, produk kakao, produk makanan diet dan franchise ayam goreng.

Selain transaksi tersebut, produk-produk UKM Indonesia yang dijual secara retail juga sangat laris sehingga semua produk terjual habis.

Permintaan akan produk Indonesia tidak saja berasal dari Malaysia, namun juga dari beberapa negara lainnya seperti Bangladesh, Tunisia dan Hong Kong,” tambah Puntodewi.

Pameran yang berlangsung pada 19-21 Juni 2014 diikuti oleh 400 exhibitor, termasuk 26 exhibitor international antara lain dari Tiongkok, Ekuador, Yunani, Hong Kong, India, Indonesia, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Singapura.

Pada pameran kali ini, Pavilion Indonesia yang dikoordinasikan oleh Bidang Perdagangan KBRI Kuala Lumpur, menyewa enam stan dari 18 perusahaan yang terdiri atas perusahaan besar, menengah dan kecil.

Produk yang ditawarkan adalah teh, kopi, coklat, minuman diet dan kesehatan, ikan kaleng, lauk (rendang) serta produk makanan kecil lainnya seperti bakpia, kue, makanan ringan, dan bumbu instan.

Meskipun pasar Malaysia tidak besar, namun produk Indonesia masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan diekspor baik ke Malaysia maupun pasar internasional lainnya.

Produk seperti teh, kopi dan kakao dari Indonesia memiliki pasar sangat baik di Malaysia, karena kualitas yang tinggi serta biaya transportasi lebih rendah dibandingkan dengan pesaing dari Afrika.(T/Nidiya/EO2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0