Prof. Mudofir Dilantik Jadi Rektor IAIN Surakarta 2019-2024

Jakarta, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik Prof. Dr. Mudofir sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat (27/09).

Mudofir menjabat sebagai Surakarta untuk kedua kalinya, sebelumnya pada periode 2015-2019. Mudofir dipilih melalui Proses Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Surakarta yang berlangsung sejak pertengahan tahun 2019.

Saat melantik Menag meminta kepada setiap kampus IAIN agar memelihara, mengembangkan, dan menghidup-suburkan etos dan tradisi intelektualisme Islam sebagaimana yang telah dirintis oleh para pendahulu bangsa.

“Kebebasan berpikir dan kebebasan akademik adalah marwah kebanggaan perguruan tinggi yang harus dijaga dalam kerangka pengembangan ilmu,” ujarnya.

Menurut Menag, IAIN bukan sekadar tempat menimba ilmu pengetahuan keagamaan, tetapi sekaligus wahana tempat menyemai dan menanamkan nilai-nilai toleransi.

“IAIN juga menjadi tempat mempertebal rasa beragama yang senantiasa pada jalurnya yang moderat dalam mewujudkan kedamaian,” harapnya.

“Selamat mengemban kepercayaan yang hakikatnya sekaligus kehormatan dan kemuliaan,” kata Menag. Mudah-mudahan Allah SWT senantiasa memberi kita kekuatan untuk terus mengemban amanah yang ada pada diri kita masing-masing,” tambahnya.

Hadir sebagai saksi Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin dan Kepala Badan Litbang dan Diklat Abdurrahman Mas’ud. Hadir juga Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurrahman, Dirjen PHU Nizar Ali, Dirjen Bimas Hindu I Ketut Widnya, serta eselon II Pusat lainnya. (L/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.