Prof Sudarnoto Sampaikan Dua Langkah Membela Palestina

Jakarta, MINA – Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI, Prof. Sudarnoto Abdul Hakim, M.A., menyampaikan dua langkah yang harus dilakukan untuk melawan penjajahan dalam membela .

Hal tersebut disampaikannya dalam Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Aqsa Working Group () dengan tema “Menggalang Kerjasama Universal dalam Pembebasan Al Aqsa dan Palestina” pada Sabtu (3/4).

“Bagi bangsa Indonesia dan khususnya umat Islam kedaulatan dan kemerdekaan tidak akan pernah bisa dijual kepada siapapun apalagi kepada negara penjajah. Penjajah harus dilawan melalui berbagai cara dan langkah,” kata Prof Sudarnoto.

Menurutnya, ada dua langkah yang penting dilakukan. Pertama, berjuang melalui forum Persatuan Bangsa-Bangsa dan forum bilateral atau multilateral lainnya.

“Negara-negara muslim bisa mendorong Organisasi Konferensi Islam (OKI) mengambil langkah-langkah taktis dan strategis melawan Isreal serta melakukan konsolidasi internal agar menjadi kekuatan yang efektif dan berpengaruh untuk membela rakyat dan bangsa Palestina dan menciptakan perdamaian global,” katanya.

Kedua, Organisasi-organisasi masyarakat madani (civil society) muslim Indonesia bisa membentuk dan memperkuat aliansi lintas agama untuk membela perjuangan rakyat dan bangsa Palestina melawan Israel, mengembalikan hak-hak sosial, ekonomi, politik rakyat palestina yang telah dirusak dan dirampas oleh Israel.

“Hak untuk menjalankan ibadah dan ajaran agama serta Masjid Al-Aqsa juga harus dilindungi oleh aliansi lintas agama dari tindakan brutal militer Israel, serta melanjutkan program bantuan kemanusiaan, kesehatan dan pendidikan yang selama ini sudah diberikan masyarakat dan bangsa Indonesia dan bangsa lain,” jelasnya.

Prof Sudarnoto menambahkan, aliansi lintas agama dan peradaban memainkan peran yang sangat penting dalam menciptakan perdamaian.

Webinar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Taklim Pusat Virtual 1442H, yang akan diselenggarakan pada Ahad (4/4).

Aqsa Working Group (AWG) yang didirikan pada tahun 2008, merupakan lembaga yang dibentuk dalam rangka mewadahi dan mengelola upaya kaum muslimin untuk pembebasan Masjid Al-Aqsa dan Palestina.

AWG juga aktif dalam penyaluran bantuan untuk korban bencana yang terjadi di Indonesia, menggalang solidaritas dan bantuan untuk para pengungsi Rohingya, Suriah dan Yaman serta berbagai kegiatan Sosial, Keagamaan dan Kemanusiaan lainya. (L/SR/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.