Promosikan Asian Games 2018, Jakarta-Palembang Gelar Fun Run

Jakarta, MINA – Sekitar 7 ribu peserta akan meramaikan 2018 di Jakarta dan Palembang pada 1 Juli mendatang.

Perhelatan ini merupakan gelaran Fun Run yang ke-27. Sebelumnya, ajang promosi pesta olahraga terbesar antarnegara Asia itu sudah digelar di puluhan kota di Asia.

Kegiatan yang rencananya diikuti ribuan peserta itu merupakan lomba lari mengelilingi kompleks Gelora Bung Karno. Para peserta akan mengelilingi venue-venue Asian Games di sekitar kompleks GBK.

Ketua KOI, Erick Thohir, menyebut Jakarta-Palembang Fun Run diselenggarakan sebagai promosi Asian Games dan pengenalan atlet-atlet Indonesia. Erick berharap ajang tersebut mampu menggelorakan semangat Asian Games kepada masyarakat.

“Fun Run ini digelar untuk memperkenalkan venue dan atlet Indonesia. Jadi, para atlet juga akan memeriahkan acara tersebut supaya lebih dekat kepada masyarakat dan juga memperkenalkan venue-venue Asian Games,” kata Erick Thohir saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/6).

Dia menjelaskan, acara Fun Run Asian Games 2018 ini serentak digelar di Jakarta dan Palembang dengan melibatkan sekitar 7 ribu pelari terdiri dari 5 ribu di Jakarta dan 2 ribu di Palembang.

Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Asian Games 2018, Wakapolri Komjen Pol Syafruddin, menyambut antusias perhelatan Jakarta Fun Run. Apalagi waktu penyelenggaraannya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Polri yakni pada 1 Juli.

“Kegiatan akan terpusat di GBK. Polri juga akan melaksanakannya di seluruh Indonesia. Kalau di Jakarta, akan digelar di Monas dan dilepas Pak Kapolri. Jadi, Fun Run kali ini akan sangat meriah karena serentak di seluruh Indonesia,” kata Komjen Pol Syafruddin.

Jakarta Fun Run akan mengambil rute mengelilingi kompeks GBK yakni mengawali start di Plaza Barat. Kemudian peserta akan berlari santai menuju Pintu Satu, melintasi Jl. Jenderal Sudirman, selanjutnya maskuk kembali ke kompeks GBK dan melintasi Aquatik. Setelah itu, para peserta akan berlari melewati Jalan Gerbang Pemuda dan masuk kembali ke Plaza Barat.

Start run akan dimulai pada pukul 06.45 WIB dengan diawali oleh Menpora Imam Nahrawi, Kapolri Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Umum KOI Erick Thohir serta perwakilan dari Dewan Olimpiade Asia (OCA) kemudian dilanjutkan oleh ribuan peserta yang akan berlalri dengan semangat Asian Games 2018.

Pendaftaran Fun Run ini melalui online yang telah dibuka sejak Mei lalu. Apabila melihat grafik jumlah pendaftar Fun Run ini, dapat dikatakan bahwa antusias masyarakat Jakarta terhadap Asian Games 2018 terus meningkat.

Erick menyatakan, Asian Games 2018 adalah sebuah perhelatan bangsa Indonesia, milik Indonesia dan untuk Indonesia.

“Melalui Asian Games 2018, saya berharap bangsa Indonesia akan semakin solid dan mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar. Untuk itu, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mendukung dan menyukseskan Asian Games 2018,” tambahnya. (L/R01/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.