PT Henan Putihrai Gandeng Baznas Bantu Sarana Air Bersih di Padang Pariaman

PT Henan Putihrai gandeng BAZNAS membantu sarana air bersih di Padang Pariaman. (dok. Baznas)

Padang Pariaman, MINA – Sebuah lembaga keuangan, PT Henan Putihrai Asset Management menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu penyediaan sarana air bersih di Desa Balai Baiak, Kecamatan IV Koto Aur Malintan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Fasilitas ini langsung dapat dimanfaatkan masyarakat usai diresmikan pada Kamis (14/3) di lokasi pembangunan.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Kepala Divisi Pendayagunaan Baznas, Randi Swandaru, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat, Prof. Syamsul Bahri Khatib dan Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Syamsuardi Surma.

Randi mengatakan, Baznas Kabupaten Padang Pariaman bertindak sebagai pelaksana program dan monitoring kegiatan penyediaan sarana air bersih di Desa Balai Baiak yang pembangunannya di mulai sejak 20 Januari 2019 dan selesai pada 10 Maret 2019.

“Adanya sarana air bersih merupakan hal yang penting dalam kehidupan masyarakat terutama mustahik dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya. Baznas bersama PT Henan Putihrai Asset Management membangun sarana air bersih di beberapa titik di Desa Balai Baiak,” katanya.

Randi menambahkan, pembangunan sarana air bersih ini merupakan bagian dari program Zakat Community Development (ZCD) di desa tersebut guna meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Program pemberdayaan ini memperhatikan beberapa aspek seperti, ekonomi, pendidikan, sosial, serta kesehatan dan di dalamnya juga termasuk program pengadaan sarana air bersih.

“Dalam pemberdayaan ekonomi di Desa Balai Baiak contohnya, Baznas membentuk 3 kelompok UKM yang memproduksi produk olahan pisang, jagung, dan kelapa,” katanya.

“Baznas tidak hanya memberikan bantuan modal usaha, tapi juga melakukan pelatihan-pelatihan, serta membantu memasarkan produk hasil olahannya, dengan harapan, perekonomian mustahik bisa naik, dan kesejahteraan mereka meningkat,” katanya. (T/R06/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)